logo


Di Bawah Komando Susi, Sektor Perikanan Mengalami Pertumbuhan Paling Baik dan Konsisten

Dikatakan Faisal, hal ini tidak terlepas dari kinerja kerja Susi yang sangat menjaga perairan Indonesia.

28 Februari 2018 16:16 WIB

Politikus dan ekonom Faisal Basri
Politikus dan ekonom Faisal Basri sidomi.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Ekonom, Faisal Basri, menjelaskan, sektor perikanan mengalami pertumbuhan paling baik dan konsisten dalam kepemimpinan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

DikatakanFaisal, hal ini tidak terlepasdari kinerja kerja Susi yang sangatmenjagaperairanIndonesia. 

"Dalam perhitungan ekonomi, sektor perikanan merupakan satu-satunya subsektor yang paling naik dibanding sektor pertanian dalam artian sempit, sektor pertanian dalam artian luas, dan sektor kehutanan," ujar Faisal dalam acara 'Bedah Buku Laut Masa Depan Bangsa' bertempat di Gedung Kementrian Kelautan dan Perikanan, Rabu (28/2). 


KKP Klaim Ekspor Perikanan Terus Naik

Lebih lanjut, Faisal mengatakan, sektor perikanan merupakan satu-satunya sektor yang mengalami pertumbuhan di atas rata-rata. 

"Pertumbuhan sektor perikanan merupakan satu-satunya yang pertumbuhannya di atas PDB atau di atas rata-rata," ujarnya. 

"Sektor perikanan tumbuh 5,95 persen PDB tumbuh 5,07 persen jadi di atas rata-rata dari keseluruhan," lanjutnya. 

Faisal juga mencatat, jika di tahun 2017 jumlah tren di tempat pelelangan ikan meningkat dibandingkan dengan tahun 2016. 

"Di tahun 2017 produksi ikan yang dijual di tempat pelelangan ikan menunjukan jumlah tren yang meningkat dibanding tahun 2016". 

Selain itu, kata dia, nilai ekspor untuk sektor perikanan juga mengalami kenaikan dan terlampau stabil tanpa mengalami penurunan yang drastis. 

"Nilai ekspor dibagi volume ekspor jadi unit value didapatlah harga rata-rata, dengan kenaikan harganya mencapai 72,5 persen, dan kenaikannya pun konsisten relatif stabil tidak mengalami penurunan yang tajam," pungkasnya.  

Wilayah Asia Masih Jadi Daya Tarik Ekspor Perikanan Bitung

Halaman: 
Penulis : Irvan Alfaris, Riana