logo


Len Gaet Perusahaan Bulgaria Kembangkan Solar Energy Murah

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengapresiasi adanya kerja sama antara Len dan IPS tersebut.

23 Februari 2018 16:15 WIB

Ilustrasi pembangkit listrik tenaga surya.
Ilustrasi pembangkit listrik tenaga surya. Reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Len Industri (Persero) menjalin kerjasama dengan International Power Supply (IPS), perusahaan Bulgaria dalam pengembangan sumber daya manusia, penelitian dan konversi teknologi energi energi baru terbarukan.

Direktur Utama Len, Zaky Gamal Yasin, mengungkapkan, sebagai promotor dalam solar energy bentuk kerjasama yang akan dijalin dengan IPS diantaranya adalah mengembangkan energi terbarukan di Indonesia bersama dengan ITB dam Unhan agar dapat segera di gunakan dengan lebih efisien dan efektif.

"Kami terus mencari teknologi baru. Ini kerja sama dengan IPS jadi teknologi terbaru investasi power plant ini lebih murah ke depan," papar Zaky di Jakarta, kemarin.


2021, Jonan Optimis Penggunaan EBT Bisa Capai 18%

Ia melanjutkan, Len bersama IPS juga akan mengembangkan teknologi baru agar investasi dalam solar energy semakin murah, yang rencana akan disusun agar sesuai dengan kebutuhan dan rencana pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia.

“Kerja sama ini baru akan dilakukan dalam bentuk sharing teknologi tentang pembangkit sistem off grid, yakni yang tidak terkoneksi ke jaringan listrik PLN,” tuturnya.

Zaky mengatakan, ke depannya juga akan dibentuk tim perancang kerja sama. Dengan adanya tim ini, diharapkan dapat menyusun secara rinci hal-hal yang akan dikerjasamakan antara Len dan IPS.

Sementara itu, Vice Rector for Finance, Planning and Development ITB, Wawan Gunawan, mengatakan, saat ini problem utama dalam pengembangan teknologi solar cell panel system adalah baterai yang mahal dan berat.

Wawan pun berharap, dengan kerja sama yang terjalin dengan IPS dapat mengembangkan baterai bervolume kecil namun berkapasitas besar dan harganya murah.

Terkait hal itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengapresiasi adanya kerja sama antara Len dan IPS tersebut. Jonan berharap, ke depannya Len bersama IPS dapat mengembangkan energi baru terbarukan di Indonesia.

"Semoga dapat membantu mengembangkan dan mengaplikasikan energi baru terbarukan di Indonesia, Rencana kerja nya harus sesuatu yg bisa diimplementasikan dengan cepat lalu dikembangkan setiap tahunnya," papar Jonan.

Jonan: Tak Mudah Kejar Target Penggunaan EBT

Halaman: 
Penulis : Riana