logo


Libur Imlek, Pertamina Siagakan Pasokan BBM, LPG, dan Avtur

Diperkirakan lonjakan konsumsi tertinggi akan terjadi pada H-1 Hari Raya Imlek 2018.

15 Februari 2018 20:56 WIB

Ilustrasi, pendistribusian bbm oleh mobil tangki Pertamina.
Ilustrasi, pendistribusian bbm oleh mobil tangki Pertamina. Istimewa

MEDAN, JITUNEWS.COM – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I menyiagakan pasokan tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Sumatera Utara (Sumut).

Ubah Nomenklatur Pertamina, Menteri Rini Dikirimi ‘Surat Cinta’ oleh KSPMI

General Manager MOR I, Erry Widiastono, mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi BBM jenis Gasoline, yaitu Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo.

"Diprediksi, saat Imlek akan mengalami kenaikan sebesar 5 persen dari penyaluran rata-rata normal sebesar 4.848 kiloliter per hari menjadi 5.077 kiloliter per hari," ututur Erry, Kamis (15/2).


Cegah Kebakaran, Pertamina Imbau Masyarakat Gunakan LPG dengan Benar

Erry pun menjelaskan, diperkirakan lonjakan konsumsi tertinggi akan terjadi pada H-1 Hari Raya Imlek 2018.

"Pasokan BBM ke masyarakat di Sumut disuplai dari lima Terminal BBM, yakni Instalasi Medan Grup, Kisaran, Siantar, Sibolga dan Gunung Sitoli melalui 328 lembaga penyalur yang tersebar di seluruh wilayah Sumut," bebernya.

Sementara, lanjut Erry, untuk konsumsi LPG 3 Kg diprediksi akan mengalami peningkatan jelang Hari Raya Imlek 2018 di wilayah Sumut. Pertamina mengantisipasi lonjakan itu dengan menambah pasokan dan melakukan pendistribusian sesuai kebutuhan.

“Kami telah melakukan antisipasi peningkatan kebutuhan LPG 3 Kg dengan menambah pasokan sebanyak 6.333 tabung dari penyaluran harian rata-rata 369.333 tabung. Ketahanan pasokan LPG wilayah Sumut ditunjang oleh 27 SPPBE melalui 217 agen dan 7.994 pangkalan LPG 3 Kg,” paparnya.

Ia menuturkan, untuk kesiapan Bahan Bakar Penerbangan atau Avtur, menjelang Hari Raya Imlek 2018, Pertamina MOR I juga memprediksi akan terjadi peningkatan kebutuhan bahan bakar Avtur di Bandara Internasional Kualanamu, Medan. Penyaluran harian normal avtur di Bandara Internasional Kualanamu sebesar 470 kiloliter per hari diperkirakan akan melonjak hingga 8,5 persen menjadi 510 kiloliter perhari.

"Ketahanan Stok Avtur di Bandara Internasional Kualanamu ditunjang oleh Depot Pengisian Pesawat Udara Bandara Internasional Kualanamu," tuturnya.

Ia mengatakan, Pertamina MOR I akan melakukan pengamanan pasokan pada masa Hari Raya Imlek yang bertepatan dengan libur akhir pekan, fokus utama adalah daerah yang menjadi pusat dari kegiatan masyarakat.

"Fokus pengamanan pasokan adalah lokasi yang menjadi pusat konsentrasi masyarakat yang merayakan Imlek, serta lokasi yang menjadi tujuan wisata masyarakat terkait libur Hari Raya Imlek yang berbarengan dengan libur akhir pekan, dan jalur lintas sumatera," tuntasnya.

 

Pertamina Rombak Jajaran Direksinya, KESDM ‘No Comment’

Penulis : Riana