logo


Sebut Jokowi Kehilangan Pendukung dari Kalangan Terdidik, Demokrat: Masih Ada yang dari Tidak Terdidik

Ada 48,8 persen alumni UI yang menyatakan tidak puas dengan kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf kalla selama 3,5 tahun

15 Februari 2018 20:40 WIB

Wasekjen Partai Demokrat, Rachland Nashidik
Wasekjen Partai Demokrat, Rachland Nashidik Tempo

JAKARTA, JITUNEWS.COMHasil survei Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), ada 48,8 persen alumni UI yang menyatakan tidak puas dengan kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf kalla selama 3,5 tahun ini. Tingkat ketidakpuasan tertinggi pada aspek keadilan sosial, yakni 51,7 persen.

Wakil Sekjen Demokrat yang juga alumni UI, Rachland Nashidik, mengatakan hasil tersebut menggambarkan kalangan terdidik yang tidak memiliki persepsi baik terhadap kinerja Jokowi.

"Saya mau katakan secara fair. Kalangan terdidik, kalangan berpendidikan tinggi yang diwakili dalam survei ini oleh Iluni," ujar Rachland di Resto Gado Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, pada hari Kamis (15/2).


"Anies Bisa Jadi Kuda Hitam untuk Penantang Jokowi"

"Itu (mereka) tidak punya persepsi yang cukup baik terhadap kinerja Pak Jokowi," lanjutnya.

Ia juga menyebut Jokowi tidak perlu khawatir dengan hasil survei tersebut. Karena pendukung Jokowi tidak hanya dari kalangan terdidik saja.

"Dukungan dari alumni UI kepada Jokowi berpindah kepada orang lain. Anda lihat tadi semua angka-angka persepsi mengenai masalah politik 18,7 persen, hukum 22 persen, ekonomi 29,4 persen, semua di bawah 50 persen," paparnya.

"Bisa dibilang saat ini Jokowi kehilangan dukungan dari kalangan terdidik, siapa kalangan terdidik itu, yaitu alumni UI. Pendukung Pak Jokowi itu ya kalangan tidak terdidik atau kurang terdidik. Jadi jangan takut kalau kalangan terdidik meninggalkan," ujarnya.

Survei tersebut menggunakan metode kuesioner via email. Ada 502 responden, atau 2,5 persen dari 20.471 alumni UI yang data emailnya dimiliki Iluni UI, setelah melakukan e-voting di tahun 2015.

PKS Usung Kader di Pilpres, Fahri: Ada Gerakan Pengen Jadi Wakil Jokowi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
×
×