logo


Cegah Kebakaran, Pertamina Imbau Masyarakat Gunakan LPG dengan Benar

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam menggunakan LPG 3 kg adalah kondisi ruangan yang sebaiknya memiliki ventilasi yang cukup.

15 Februari 2018 20:17 WIB

Harga LPG ukuran 3 kg dijamin tidak akan ada kenaikkan hingga akhir tahun, dengan pertimbangan harga LPG dunia mengalami penurunan.
Harga LPG ukuran 3 kg dijamin tidak akan ada kenaikkan hingga akhir tahun, dengan pertimbangan harga LPG dunia mengalami penurunan. energitoday.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) mengimbau agar masyarakat bisa menggunakan LPG dengan baik dan benar, guna meminimalisir risiko terjadinya insiden kebakaran terkait LPG 3 kg.

Pertamina Dukung Kebijakan Kalteng Larang Warga Bergaji di Atas Rp 1,5 Juta Pakai LPG 3 Kg

Hal ini disampaikan Unit Manager Communication & CSR, Dian Hapsari Firasati, menyusul terjadinya kebakaran pada Rabu (13/2) lalu, di daerah TKP Komplek Metland Cakung Cluster Teresa Blok J9, Cakung Jakarta Timur. Salah satu kemungkinannya disebabkan oleh ruangan yang terlalu tertutup sehingga tidak ada sirkulasi udara yang cukup.

"Kami prihatin atas kejadian tersebut. Untuk itu kami kembali mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan penggunaan LPG yang baik dan benar," kata Dian dalam siaran pers pada Kamis (14/2).


Pertamina Siap Kirim BBM dan LPG ke Karimun Jawa

Dian melanjutkan, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam menggunakan LPG 3 kg adalah kondisi ruangan yang sebaiknya memiliki ventilasi yang cukup.

"Dengan sirkulasi udara yang baik, maka apabila ada gas yang keluar maka bisa langsung menuju udara bebas," tuturnya.

Dikatakan Dian, beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan penggunaan LPG yang pertama adalah memastikan kompor dan tabung LPG diletakkan di ruangan dengan sirkulasi dan ventilasi udara yang baik, sebelum memasang tabung pastikan seal atau karet penyekat sudah terpasang dengan benar dan pastikan tidak rusak/sobek, selang harus terpasang erat dengan penjepit regulator maupun kompor serta pastikan selang tidak tertindih atau tertekuk.

Yang lebih penting, kata dia, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan Pertamina menghimbau masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kondisi selang, krem, valve dan regulator secara berkala.

“Selain itu, tentunya prinsip kehati-hatian dalam memasak, seperti tidak meninggalkan proses memasak dengan kompor menyala. Apabila terjadi kebocoran, Pertamina mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan melakukan beberapa langkah seperti cabut regulator dari tabung, tutup valve dengan kain basah dan bawa tabung keluar ruangan serta diletakkan ke tempat terbuka,” sarannya.

Tak hanya itu, lanjut Dian, jangan menyalakan api atau listrik saat terjadi kebocoran gas serta jangan menaruh stop kontak dekat kompor.

“Kami harap kejadian serupa tidak terjadi kembali dan kita sama-sama sebagai masyarakat dapat saling peduli untuk mengingatkan dan membudayakan mementingkan keamanan dalam penggunaan LPG,” pungkas Dian.

Pertamina Minta Masyarakat Turut Berantas Praktik Pengoplosan LPG

Penulis : Riana