logo


Soal Maraknya Aksi Intoleran, Sandiaga Uno: Lihat Pilkada Jakarta yang Damai

Sejumlah pihak diminta untuk menahan diri dan tak terprovokasi keadaan itu. Hal itu demi mencegah meluasnya gesekan antarkelompok masyarakat.

13 Februari 2018 20:33 WIB

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Instagram @sandiuno

JAKARTA, JITUNEWS.COM -Aksi penyerangan oleh pihak tak bertanggung jawab di Gereja Santa Lidwina, Bedog, Trihanggo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (11/2/2018) dan pengeroyokan terhadap Ustadz Abdul Basit oleh belasan remaja di Jalan Syahdan, Palmerah, Jakarta Barat, Minggu (11/2/2018) menjadi tanda masih maraknya aksi intoleran di Indonesia.

Gereja St. Lidwina Diserang, DPRD Yogyakarta Rekomendasikan Hal Ini

Sejumlah pihak diminta untuk menahan diri dan tak terprovokasi keadaan itu. Hal itu demi mencegah meluasnya gesekan antarkelompok masyarakat.

Di Jakarta, peristiwa itu diharapkan tak menyulut situasi yang tak diinginkan. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno berharap warga Jakarta tidak terprovokasi dengan isu SARA yang menelan korban jiwa pemuka agama.

"Saya berdoa dan menghimbau agar tidak terprovokasi bahwa kita ini sudah melewati begitu banyak, kota ini sudah hampir 500 tahun melewati pasang surut dan kita selalu akan di semua komunitas," kata Sandi di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Sandi berharap agar suasana damai saat Pilkada Jakarta dapat dicontohi. Pilkada DKI Jakarta, kata dia, berjalan penuh damai, rukun dan tidak sampai menimbulkan korban akibat aksi intoleransi.

"Kalau kita lihat pilkada 2017 berlangsung sangat rukun damai dan kami ingin warga Jakarta tidak akan terbawa etnis dan saya ingatkan lagi ramainya ini di sosial media," ujar Sandi.

Sandi juga mengingatkan, bahwa warga Jakarta perlu meneladani sifat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam dengan tidak menyebarkan berita-berita yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

"Saya ingin sekali warga mengedepankan apa yang Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam selalu sampaikan sebagai salah satu sikap keluhuran beliau itu menyampaikan yang benar menyampaikan yang baik," ujarnya.


Gereja Diserang, Amien Rais Sebut Ada Kekuatan Siluman

Soal Penyerangan Pemuka Agama, Fadli Duga Ada Oknum yang Berupaya Mengadu Domba

Penulis : Marselinus Gunas