logo


Wabup Flotim Beri Motivasi Kepada 200 Siswa SMK Sura Dewa Larantuka

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sura Dewa Larantuka pada Sabtu (20/1/17) mengundang Wakil Bupati (Wabup) Flores Timur (Flotim) Agustinus Payong Boli menjadi pembicara dihadapan sedikitnya 200 siswa dan 28 guru pada sekolah itu dengan tema “Motiv

22 Januari 2018 21:19 WIB

Istimewa/Wabup Flotim Pose Bersama Guru dan Siswa SMK Sura Dewa Larantuka Usai Memberi Motivasi Kepada 200 Siswa pada Sekolah itu, Sabtu (20/1)
Istimewa/Wabup Flotim Pose Bersama Guru dan Siswa SMK Sura Dewa Larantuka Usai Memberi Motivasi Kepada 200 Siswa pada Sekolah itu, Sabtu (20/1)
dibaca 149 x

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sura Dewa Larantuka pada Sabtu (20/1/17) mengundang Wakil Bupati (Wabup) Flores Timur (Flotim) Agustinus Payong Boli menjadi pembicara dihadapan sedikitnya 200 siswa dan 28 guru pada sekolah itu dengan tema “Motivasi Orang Muda”

Ahmad Taher, Kepala SMK Sura Dewa Larantuka, mengatakan  kegiatan ini dilaksanakan sebagai realisasi program Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Tahun 2018 yakni pengembangan diri siswa. Bagi kepala Sekolah, siswa sebagai kelompok muda mesti mendapat sentuhan motivasi sehingga mampu mendorongnya lebih bersemangat dalam belajar dan juga berani bermimpi tinggi. “Siswa sebagai kelompok orang muda mesti mendapat sentuhan motivasi. Dan Wabup Flotim, kami anggap layak, untuk memberikan motivasi. Seorang anak petani dari keluarga sederhana yang bisa menggapai karir di titik ini. Dengan sentuhan motivasi, anak dapat didorong untuk lebih bersemangat dalam belajar dan berani bermimpi tinggi,” kata Ahmad

Agus Boli yang tiba di Aula SMK Sura Dewa pada Pkl 10.00 WITA, mengawali motivasinya dengan memaparkan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Flores Timur periode 2017–2022. Menurut Wabup Agus Boli, visi Masyarakat Sejahtera Dalam Bingkai Desa Membangun dan Kota Menata menempatkan orang muda pada poin pertama untuk diselamatkan.“Hari ini saya mau berdialog dengan orang muda di SMK Sura Dewa. Saya mengajak kita semua untuk selalu berdoa dan bersyukur karena dengan selalu bersyukur hidup kita akan jadi tenang, wajah kita akan jadi ceria dan pastinya, segala urusan dan pekerjaan kita akan jadi lancar,” kata Agus Boli.


Perwakilan Jurnalis Tempo Jadi Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen

Kader Partai Gerindra ini kemudian meminta siswa yang orang tuannya petani untuk berdiri. Serentak sebagian siswa berdiri. Wabup kemudian memberikan pertanyaan. Apakah kalian merasa miskin? Jawab siswa iyah, lanjut Wabup apakah kalian merasa susah? Kembali siswa menjawab iyah.Wabup mempersilahkan siswa duduk kembali. Kepada siswa, Wabup mengatakan, kemiskinan dan kesusahan bukan kutukan, bukan keturunan tapi suatu kondisi yang harus di lawan. “Jika saat ini masih miskin, jangan salahkan kemiskinan tapi salahkan dirimu sendiri mengapa kamu masih miskin. Kesusahan  jangan dikeluhkan tapi dilawan. Cara melawan kemiskinan dan kesusahan adalah dengan tekun belajar, satu-satunya cara untuk mengubah hidup adalah lewat pendidikan," kata Agus.

Anak petani yang sukses dalam karir politiknya ini, mendorong siswa SMK Sura Dewa untuk berwirausaha. “Tugas pemimpin adalah mensejahterakan rakyatnya. Dan ukuran sejahtera salah satunya memiliki usaha dengan penghasilan sendiri. Pemerintah siap memfasilitasi masyarakat yang mau berwirausaha dalam sektor apapun. Banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan di Flores Timur  seperti beternak ayam petelur, produksi minyak kelapa, toko ikan, toko sayur, dan lain sebagainya. Gerakan orang muda masuk kebun hingga saat ini telah terealisir di beberapa wilayah kecamatan dalam Kabupaten Flotim, dan mendapat respon dukungan dari berbagai pihak luar. Mari ke kebun, tanam ubi dan jagung untuk pakan ternak. Orang muda usia 15 – 16 tahun harus sudah berfikir tentang masa depannya, mau jadi apa saya nanti. Jangan nanti lulus kuliah baru pikir mau kerja apa. Setelah lulus kuliah baru berfikir mau kerja apa maka orang muda tersebut selalu berharap untuk kerja kantoran.Dan hari ini, peluang itu sangat kecil jika dilihat dari analisis beban kerja di kantor saat ini,” kata Agus Boli.

Selain mendorong Wirausaha, Agus Boli juga mengajak siswa untuk menumbuhkan karakternya melalui kegiatan olah raga dan seni. Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO) telah menyiapkan strategi untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan orang muda, dengan menetapkan 3 materi utama pada mata pelajaran muatan lokal (Mulok) yaitu, Kelamaholotan (bahasa, pakaian, budaya), dan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar.

Hadir pada kesempatan itu, Pembina Yayasan Pendidikan dan Sosial Mahardika, Ahmad M. Kasim, Ketua Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Cabang Kabupaten Flores Timur, Maksimus Masan Kian, Pengamat sekaligus aktor seniman, Zaeni Boli, Pengurus OSIS SMK Sura Dewa dan siswa.

Acara hari itu diakhiri dengan penyerahan tabungan beasiswa pendidikan dari Wakil Bupati Flotim untuk tujuh (7) siswa SMK Sura Dewa yang kurang mampu.

Ditulis oleh: Maksimus Masan Kian

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Khasiat Mengejutkan Sayur Buncis

Halaman: 
Admin : Aurora Denata
×
×