logo


Perhimpunan Advokat Sebut Penahanan Fredrich Sesuai Urgensi Penyidikan

Selain itu, sesuai dengan ketentuan pasal 16, 17 dan 18 KUHAP

14 Januari 2018 20:30 WIB

Fredrich Yunadi
Fredrich Yunadi istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COMSoal penangkapan dan penahanan mantan pengacara Setya Novanto yakni Fredrich Yunadi, menurut Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) sekaligus Tim Perhimpunan Advokat Pendukung (PAP) KPK, Petrus Salestinus sudah sesuai.

Hal tersebut sesuai berdasarkan urgensi penyelidikan dan pasal 16, 17 dan 18 KUHAP.

"Ini merupakan pilihan langkah yang tepat sesuai dengan urgensi penyidikan dan ketentuan pasal 16, 17 dan 18 KUHAP.Apalagi semenjak Fredrich menjadi Kuasa Hukum Novanto banyak pernyataan dan sikapnya yang "off the track", bahkan sering mengeluarkan pernyataan yang bersifat menyerang KPK bahkan terhadap pribadi-pribadi tertentu di KPK, dengan tujuan mendowngrade wibawa KPK di mata publik," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Minggu (14/1).


Jokowi Diminta Bentuk Satgas Pemulihan dan Perampasan Aset Koruptor

"Yang dibayangkan oleh Fredrich Yunadi dan Penasehat Hukumnya adalah paling-paling KPK akan kirim Surat Panggilan ke dua pada kesempatan berikutnya guna diperiksa sebagai tersangka," lanjutnya.

Lebih jauh, kata Petrus, asalan KPK langsung menangkap dan menahan Fredrich meski baru pertama dipanggil adalah berdasar pada pasal 16 (2) dan pasal 17 KUHAP.

Besok, Ajudan Setya Novanto dan Politikus Golkar Diperiksa KPK

Halaman: 
Penulis : Ratna Wilandari
×
×