logo


Jokowi Diminta Bentuk Satgas Pemulihan dan Perampasan Aset Koruptor

Isu tentang pemulihan dan perampasan aset di masa pemerintahan Jokowi tidak lagi terdengar, maka dari itu ia meminta Jokowi membentuk satgas

14 Januari 2018 19:45 WIB

Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. Setkab.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COMDirektur Eksekutif Kemitraan, Monica Tanuhandaru menyarankan Presiden Joko Widodo untuk membentuk satuan tugas (satgas) untuk menelusuri aset-aset yang dimiliki para koruptor. Hal tersebut bertujuan agar para pejabat yang akan melakukan korupsi untuk berpikir dua kali.

Fredrich Yunadi Temani Novanto Mendekam di Rutan KPK

"Barangkali harus ada satgas yang berada di bawah presiden atau tim khusus yang menangani pemulihan dan perampasan aset," kata Monica di Bakoel Koffie Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (14/1).

Menurutnya, isu tentang pemulihan dan perampasan aset di masa pemerintahan Jokowi tidak lagi terdengar, maka dari itu ia meminta Jokowi membentuk satgas.


Kasus Fredrich Bukan Kriminalisasi, ICW: Kalau Sesuai Etika Pasti Tak Langgar Hukum

"Butuh dorongan dan arahan langkah konkret dari pimpinan untuk pemulihan aset," terang Monica.

Jika satgas tersebut dibentuk, maka aparat penegak hukum seperti KPK, polisi, dan kejaksaan akan langsung mengimplementasikan arahan tersebut. Apabila satgas tersebut berada di bawah kementerian atau lembaga cenderung kurang maksimal.

"Setuju kalau presiden membentuk tim yang langsung di bawah presiden, kita bisa memberikan impact, misal korupsinya satu 1 miliar tapi negara bisa mendapatkan (hasil lebih)" kata Monica.

ICW Sarankan KPK Koordinasi dengan Organisasi Advokat

Penulis : Aurora Denata