logo


Jelang Asian Games, PLN Disjaya Kebut Tanam Kabel Bawah Tanah

Kabel bawah tanah tersebut merupakan program pembangunan infrastruktur kelistrikan pada 2018.

12 Januari 2018 12:30 WIB

PLN Disjaya gelar peralatan pendukung Asian Games 2018 di Komplek Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (11/1)
PLN Disjaya gelar peralatan pendukung Asian Games 2018 di Komplek Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (11/1) ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menyambut ajang kompetisi olahraga se-Asia Tenggara (Asian Games) 2018, PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) mempercepat pembangunan infrastruktur kelistrikan di Ibu Kota, dengan berfokus pada pekerjaan kabel bawah tanah dengan menggunakan mesin boring Horisontal Direct Drilling (HDD).

PLN Operasikan Transmisi 150 kV Nagan Raya – Blang Pidie Sepanjang 104,9 Kilometer Sirkit

Kegiatan bertajuk “Pearl Harbor” tersebut diselenggarakan di Komplek Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (11/1). Kegiatan ini mengusung tema “PLN Disjaya Enegizes Asian Games 2018”, dengan tujuan untuk memperlihatkan kesiapan dan inisiatif PLN Disjaya dalam mendukung suksesnya Asian Games 2018, yang akan digelar Agustus 2018.

“Kami siap untuk kehandalan pasokan energi listrik Asian games. Ada beberapa infrastruktur kelistrikan yang sedang kita lakukan percepatan,” ungkap M. Ikhsan Asaad, General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, Kamis (11/1).


PLN Siap Sukseskan Asian Games 2018

Ikhsan mengungkapkan, kabel bawah tanah tersebut merupakan program pembangunan infrastruktur kelistrikan pada 2018. Adapun, biaya yang digelontorkan untuk membentangkan kabel sepanjang 150 kms tersebut kurang lebih Rp 250 miliar.

"Di tahun 2018 kita rencanakan kurang lebih membangun 150 kms kabel bawah tanah. Yang lebih penting bagaimana proyek ini selesai sebelum Asian Games 2018," bebernya.

Dengan menggunakan teknologi mesin HDD ini, sambung Ikhsan, PLN Disjaya mendukung program pemerintah daerah untuk mewujudkan Jakarta yang rapi dan tertata, karena kabel kabel listrik sudah menggunakan saluran bawah tanah di setiap sudut ibu kota tanpa mengurangi kehandalan pasokan listrik Ibu Kota.

“Jadi pasokan listrik selalu terjaga dengan handal karena Mesin HDD mampu mengebor hingga jarak 300 meter tanpa merusak fasilitas di atasnya. Dari sisi keandalan jauh lebih andal, yang kedua dari sisi estetika Ibu Kota, diharapkan bahwa kabel-kabel kita rapih di pasang di bawah sehingga tidak kelihatan,” ujar Ikhsan.

Untuk persiapan Asian Games 2018, lanjutnya, PLN Disjaya akan memaksimalkan pelayanan. Ikhsan mengungkapkan, pelayanan pertama akan difokuskan untuk Wisma Atlet, Kemayoran.

PLN Tambah Pasokan Listrik di Bintan

Penulis : Riana