logo


Langkah Anies Cabut Larangan Berkendara Motor Sudah Tepat

Nizar menyebut, pencabutan Pergub itu sesuai dengan norma di UU No 22 Tahun 209 tentang lalu lintas angkutan jalan raya

11 Januari 2018 13:07 WIB

Anggota Komisi V DPR RI, Nizar Zahro.
Anggota Komisi V DPR RI, Nizar Zahro. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi V DPR yang membidangi perhubungan, Muhammad Nizar Zahro, mengatakan, langkah yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam mencabut izin melintas sepeda motor di jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat, sudah tepat.

“Putusan MA yang memenangkan bahwa sepeda motor boleh melintas di jalan protokol, menurut saya, secara hukum sudah benar,” ujar Nizar di Jakarta pada hari Kamis (11/1).

Politisi Gerindra ini menyebut, pencabutan Pergub itu sesuai dengan norma di Undang-Undang (UU) No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan raya. Hal ini dikarenakan dalam UU-nya sendiri tidak ada larangan bagi pengendara sepeda motor untuk melewati jalan-jalan protokol.


Nizar Zahro: Hukuman Pelaku Pungli di Pelabuhan Harus Ditingkatkan

“Kecuali jalan tol memang tidak diperbolehkan. Dengan dasar putusan MA itu Pemda DKI mencabut larangan-larangan atau rambu-rambu yang terpampang di jalan protokol,” tutur Nizar.

Nizar mengatakan, Polda atau Dirlantas Polri harus menyosialisasikan putusan MA tersebut dengan cara memberitahukan kepada masyarakat bahwa pelarangan sepeda motor dalam Pergub DKI Jakarta terdahulu batal demi hukum.

“Pemda DKI Jakarta wajib patuh dan tunduk terhadap putusan yang diterbitkan MA. Sehingga rambu-rambu yang ada dibersihkan dan membuka pintu bagi masyarakat yang menggunakan sepeda motor untuk melewati jalan-jalan yang tadinya tidak diperbolehkan,” pungkasnya.

Nizar Zahro Kecam Kehadiran Maskapai dengan Pramugari Berbikini di Indonesia

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana
×
×