logo


PetroChina Incar Hak Kelola di Blok Mahakam

Adapun, PetroChina sendiri mengincar saham sebesar 15-20% di Blok Mahakam.

11 Januari 2018 12:19 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Tiongkok, PetroChina, tengah mengincar hak kelola di blok Mahakam. Sebagaimana diketahui, Blok tersebut saat ini dikelola PT Pertamina (Persero) setelah kontrak Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation berakhir pada tanggal 31 Desember 2017. 

Perdana, LNG dari Blok Mahakam untuk Nusantara Regas

PetroChina sendiri mengincar saham sebesar 15-20% di Blok Mahakam.

Vice President SCM & Operations Supports PetroChina, Gusminar, mengatakan, PetroChina sudah menemui pihak Pertamina untuk menanyakan kemungkinan pihaknya berpartisipasi dalam menggarap Blok Mahakam. 


Soal Blok Mahakam, Jokowi: Sekarang 100% Kita Berikan Ke Pertamina

Gusminar mengklaim, Pertamina memberikan kesempatan kepada PetroChina untuk masuk ke Blok Mahakam. Namun, Pertamina perlu menyelesaikan pembicaraan terlebih dahulu dengan Total EP Indonesie (TEPI) dan Inpex Corporation.

"Petrochina datang ke Pertamina dan melihat peluang farm in di Mahakam Blok. Pertamina sama Total juga masih berdiskusi, sehingga PetroChina belum masuk ke sana. Jadi unofficial kami lakukan meeting dulu," kata Gusmina, di Jakarta, Rabu (10/1).

PetroChina memandang, kebijakan bagi hasil migas dengan skema gross split ‎yang baru diterapkan pemerintah cukup baik. Lantaran membuat perusahaan pencari migas lebih efisien dan fleksibel dalam menjalankan kegiatan operasi pencarian migas.

Sebagai informasi, PetroChina harus bersaing dengan TEPI dan Inpex untuk mendapatkan saham di Blok Mahakam. Selain itu, PetroChina juga harus menyiapkan dana yang tidak sedikit untuk membeli saham Pertamina di Blok Mahakam.

Pemerintah Uraikan Proses Alih Kelola Blok Mahakam

Penulis : Riana