logo


Bakrie dan Rekind Didesak Segera Bangun Pipa Gas

PT Rekind menjadi pemenang tender proyek pipa gas Cirebon-Semarang. Sementara itu, ruas Kalimantan-Jawa (Kalija) II dikerjakan oleh Bakrie & Brothers.

11 Januari 2018 11:01 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala BPH Migas, Fanshurullah Asa, mengatakan, pihaknya telah mengultimatum dan memanggil petinggi PT‎ Bakrie & brothers Tbk dan PT Rekayasa Industri  (Persero) atau Rekind untuk segera membangun ruas pipa yang telah dimenangkan.

Akuisisi Rekind, Pertamina Siap Bangun Kedaulatan Energi

PT Rekind menjadi pemenang tender proyek pipa gas Cirebon-Semarang. Sementara itu, ruas Kalimantan-Jawa (Kalija) II dikerjakan oleh Bakrie & Brothers.

Kepastian kelangsungan proyek tersebut terus dipertanyakan. Pasalnya, sejak lelang dimenangkan pada tahun 2006, proyek pipa gas itu belum menunjukkan perkembangan.


Mal di Surabaya Bisa Hemat 30% Setelah Pakai Pipa Gas

"Bakrie dan ‎Rekayasa Industri itu sudah dipanggil BPH Migas beberapa kali dan keduanya sudah kami buatkan notulen. Malah, Bakrie itu sudah kami panggil beberapa kali. Kami minta untuk memberikan komitmen pada tahun 2018 ini bisa segera dibangun. Sementara, Rekind sudah kami ultimatum dan sudah sepakat bulan Juli akan ground breaking," tutur Fanshurullah, di Jakarta pada hari Rabu (10/1).

Fanshurullah melanjutkan, jika sampai bulan Juli 2018 ultimatum yang dikeluarkan BPH Migas tidak dilaksanakan, maka lembaga tersebut akan mencabut hak pemenang lelang dan proyek pembangunan pipa gas tersebut akan dilelang ulang.

"Jadi kalau seandainya bulan Juli 2018 Rekind tidak melaksanakan itu, maka BPH Migas melalui sidang komite bisa mencabut itu dan melelang ulang atau menunjuk badan usaha lainnya," pungkasnya.

Archandra Tahar Bersyukur Pembangunan Pipa Gas Duri-Dumai Bisa Terlaksana

Penulis : Riana