logo


Sebut Penenggelaman Kapal Tak Beri Efek Jera, Luhut: Dasarnya Punya Gen Maling

Menurutnya, lebih baik kapal-kapal pencuri ikan tersebut bisa dikelola oleh para nelayan

9 Januari 2018 22:00 WIB

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman (Menko Kemaritiman), Luhut Binsar Pandjaitan.
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman (Menko Kemaritiman), Luhut Binsar Pandjaitan. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COMMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan melarang Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti untuk menenggelamkan kapal pencuri ikan. Pernyataan Luhut tersebut menuai kontroversi.

Menurutnya, penenggelaman kapal tidak memberikan efek jera pagi para pelaku illegal fishing. Luhut menyebut setiap orang memiliki gen maling yang berpotensi akan melakukan tindak kejahatan.

"Kalau soal maling mah kita ini bisa semua punya gen maling makanya ada agama, suku, undang-undang, peraturan, law enforcement semua itu. Coba lah kalau enggak ada aturan, suka-suka kamu juga karena kita manusia pada dasarnya punya gen maling," ujar Luhut di Kantor Kementerian Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (9/1).


Hadapi Dua Tantangan, Indonesia Panggil Profesor Kelas Dunia

Menurutnya, lebih baik kapal-kapal pencuri ikan tersebut bisa dikelola oleh para nelayan. Nantinya koperasi nelayan bisa tumbuh.

"Sekarang kalau bicara koperasi ini kan bicara keadilan. Kita ingin koperasi nelayan itu tumbuh, ada yang tadi bilang takut nanti kalau dilelang ada orang lain yang dapat, kan kita kontrol kan bisa dikontrol kalau ketakutan itu," kata Luhut.

Luhut: Jokowi Berhasil Memberikan Ketauladanan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata