logo


Spot Kuliner Murah Meriah di Kawasan Stasiun Bogor yang Wajib Dicoba

Tak hanya berburu wisata, kuliner ala Kota Hujan wajib kamu coba.

5 Januari 2018 16:16 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Salah satu transportasi paling nyaman untuk berwisata adalah menggunakan KRL. Bogor adalah destinasi yang kini banyak diminati oleh wisatawan baik domestik maupun manca. Tapi, jangan cuma tempat wisatanya, kuliner Kota Bogor juga wajib kamu coba, lho. Setelah sampai di Stasiun Bogor, beristirahatlah sejenak menikmati kuliner di area tersebut.

Yuk Icip-Icip Ayam Penyet Pandanayu, Pedese Mbog Byarr!!

Beberapa kuliner yang KompasTravel rekomendasikan ini ada yang khas Bogor ada juga yang tidak. Berikut ragam pilihan wisata kuliner yang tak jauh dari Stasiun Bogor.

1. Soto Mi Bogor


Tauge Goreng Mang Gebro Kuliner Mantab Khas Bogor

Hhhmmmm....menu yang satu pas banget jika dinikmati di daerah sejuk seperti Bogor. Cuaca Bogor yang sering hujan dan dingin memang paling cocok disandingkan dengan makanan berkuah. Salah satunya soto khas Bogor ini, menggunakan mi kuning, tomat, seledri, dan daging sebagai isian utamanya.

Soto mi bogor bisa kamu dapatkan di dalam dan sekitar Taman Ade Irma Suryani, atau yang sering di sebut Taman Topi Bogor. Harga satu porsinya mulai dari Rp 15.000 tanpa nasi. Kamu bisa mendapatkannya mulai pukul 10.00 WIB hingga sore hari.

2. Doclang

Tak jauh dari Stasiun Bogor terdapat satu hidangan khas yang cukup sederhana, tapi menggugah selera. Adalah doclang, potongan lontong dengan tahu, kentang, dan telur, diguyur saus kacang seperti siomay. Tak lupa bawang goreng dan kerupuk agar menambah selera makanmu.

Satu porsinya seharga Rp 12.500. Hidangan ini bisa kamu temukan 24 jam di kawasan Merdeka, atau dekat Pasar Devris. Salah satu yang ramai dikunjungi ialah Doclang 405.

3. Mi Kocok

Hidangan yang satu ini memang bukan khas dari Bogor, melainkan dari Bandung. Namun, hangat dan kental kuah kikilnya seolah harmonis dengan cuaca "Kota Hujan".

Terbuat dari campuran mi kuning besar, potongan kikil dan daging sapi, suwiran ayam kampung, bakso dan seledri diguyur kuah kaldu sapi yang kental. Satu porsinya dijual Rp 25.000.

Salah satu yang ramai dikunjungi dan telah ada sejak tahun 2000 ialah Mi Kocok Pa Husein di Ruko Jembatan Merah, Bogor. Buka mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB.

4. Asinan Bogor

Jika kamu lebih memilih camilan, cobalah salad khas Bogor yang satu ini. Asinan bogor menggunakan cuka asam, lalu campuran buah muda dan sayuran segar, berbeda dengan asinan Betawi yang dominan berisi sayur diguyur saus kacang.

Asinan bogor yang cukup tersohor dan dekat dengan stasiun ialah Asinan Merdeka. Berada di Jalan Merdeka, berpapasan dengan Jalan Mantarena. Buka mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

5. Toge Goreng

Satu lagi, hidangan khas Bogor yang jangan sampai kamu lewatkan, ialah toge goreng. Meski namanya toge goreng, tapi hidangan ini direbus.

Tauge segar direbus menggunakan kayu bakar, dicampur dengan mi kuning, irisan tahu goreng, dan irisan ketupat. Terakhir diguyur saus tauco panas, yang akan membuat Anda semakin lapar saat melihatnya.

Toge goreng andalan Bogor ialah Toge Goreng Pak Gebro. Kebetulan lokasinya tak jauh dari Stasiun Bogor, yaitu di Pasar Anyar, tepatnya Jalan Pengadilan (depan Irian Motor). Harga satu porsinya Rp 10.000.

Lezatnya “Nasi Bakar Kecombrang” Persembahan Pesona Alam Resort & Spa

Penulis : Uty Saifin Nuha