logo


Anak Anda Picky Eater, Jangan Menyerah!

Tak sedikit ibu-ibu yang selalu dibuat pusing ketika ingin memberi makan si buah hati.

5 Januari 2018 12:02 WIB

Sayuran Cruciferous.\n
Sayuran Cruciferous. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COMTak sedikit ibu-ibu yang selalu dibuat pusing ketika ingin memberi makan si buah hati. Apalagi ibu-ibu jaman now, niat hati ingin memberi asupan makanan yang bergizi, namun si anak selalu memilih-milih makanan (picky eater) sesuka “lidahnya” karena banyaknya jenis makanan yang lebih menggiurkan. Alhasil, tidak semua anak terpenuhi asupan nutrisinya.

Nah, daripada bingung berikut ini adalah hal yang seharusnya mom lakukan saat menghadapi si picky eater. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Jadikan Waktu Makan si Kecil Menjadi Menyenangkan


Cita-cita Bocah Obesitas Asal Kawarang, Ingin Bertemu Presiden Jokowi!

Agar si picky eater merasa nyaman jangan lupa untuk membuat acara makan menjadi hal yang menyenangkan. Biasakan untuk makan bersama di meja makan. Jadikan waktu makan adalah momen menyenangkan bersama keluarga dan biarkan si kecil merasa nyaman dengan suasana tersebut.

Beri Contoh Alih-Alih Memerintah

Berhenti memerintahkan si kecil untuk makan buah dan sayur. Mulailah dengan memberikan contoh untuk makan buah dan sayur tanpa menyisihkannya. Sayuran dan buah yang mom makan akan membuat si kecil tertarik untuk mencobanya.

Menu yang Berbeda Setiap Hari

Siapkan menu yang berbeda setiap harinya. Selalu ubah cara memasaknya, bisa digoreng, direbus atau dikukus. Cara memasak yang berbeda membuat si kecil akan semangat untuk mengonsumsinya.

Jika ia Menolak, Jangan menyerah. Coba Tawarkan Lagi!

Jangan menyerah dengan tolakan si kecil saat ia menolak makanan yang Anda siapkan. Cobalah untuk konsisten menawarkan makanan yang sama kepada si kecil, mungkin sang ibu akan membutuhkan usaha lebih keras. Tapi jangan menyerah, ya.
Untuk menyiasatinya Anda dapat menawarkan makanan ini bersama dengan makanan favoritnya.

Tunggu Si Kecil Benar-Benar Merasa Lapar

Pastikan si kecil makan dalam keadaan lapar, hal ini dapat membantu meningkatkan nafsu makannya sehingga tidak akan menolak makanan apapun yang akan dilahapnya. Sebaiknya hindari memberikan camilan olahan, disarankan untuk  memberikan buah sebagai camilan sehatnya.

Jokowi Adu Panco dengan Kaesang, Ini Komentar Kocak Netizen

Halaman: 
Penulis : Uty Saifin Nuha
×
×