logo


Kinerja Keuangan DKI Meningkat, Sandiaga Uno: Berkat 4 Gubernur

Ia ingin, kinerja keuangan terus mengalami peningkatan, baik di penerimaan, pendapatan, dan juga penyerapan anggaran

3 Januari 2018 11:18 WIB

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COMWakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menyebut pencapaian kinerja keuangan DKI Jakarta melebihi ekspektasi karena kerja kolektif empat gubernur.

Apa Kabar Peringkat Utang Indonesia?

"Ini berkat kerja kolektif antara pemerintah DKI semua aparat dan tentunya ada 3 gubernur, 4 gubernur tahun 2017. Mulai dari Pak Basuki, Pak Soni (Sumarsono), Pak Djarot dan Pak Basuki lagi Pak Djarot lagi dan Pak Anies," kata Sandi di Balai Kota, pada Rabu (3/1).

Kinerja keuangan DKI tahun 2017 menunjukkan pendapatan dan penerimaan di atas 100 persen. Sandi menilai kurang penyerapan anggaran sebesar 81 persen, namun hal tersebut meningkat dari tahun sebelumnya.


Tutup Keuangan 102,36%, Sandiaga Uno: Membanggakan Bagi Pemprov DKI

"Ini kerja kolektif jadi super team yang hasilkan capaian yang menurut kami mudah-mudahan bisa jadi motivasi untuk 2018 agar lebih baik lagi," ujarnya.

Meski kinerja keuangan mengalami peningkatan yang positif, Sandi tidak ingin kinerja keuangan mengalami penurunan di tahun 2018.

"Tantangannya di 2018 penyerapan harus digenjot dari awal taun. Kita tidak mau hockey stick. Kita nggak mau di ujung meningkatnya," ungkapnya.

Ia ingin, kinerja keuangan terus mengalami peningkatan. Baik di penerimaan, pendapatan, dan juga penyerapan anggaran.

"Kita maunya bentuk kurvanya seperti landai gitu dan menyebabkan serapannya baik, sehingga di awal taun kita juga bisa lihat mana yang bisa jalan mana yang nggak. Sehingga kita pertengahan tahun bisa lakukan penyesuaian," terangnya.

"Fokus kita tetap di penyerapan lapangan kerja di mana kita bisa ciptakan iklim kondusif. Tantangan dari bu Sri Mulyani ekonomi Jakarta tumbuh di atas 7 persen itu mungkin impossible. Tapi buat saya itu mungkin ya," lanjut Sandi. 

Serapan Anggaran Desember Rp 12 Triliun, Ini Komentar Sandiaga Uno

Penulis : Aurora Denata