logo


Tips Atur Keuangan Bagi Anda yang Ingin Liburan Akhir Tahun

Sebelum Anda memutuskan untuk liburan akhir tahun ke Bogor, tidak ada salahnya mempersiapkan keuangan dari jauh-jauh hari.

19 Desember 2017 09:00 WIB

Warga yang menghabiskan waktu liburannya di lokasi wisata kota Bogor.
Warga yang menghabiskan waktu liburannya di lokasi wisata kota Bogor. bobocantik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Indonesia memiliki destinasi pariwisata yang begitu indah. Hampir setiap jengkal selalu menarik untuk ditelusuri. Contohnya saja Kota Bogor. Kota Hujan ini terkenal dengan objek wisata yang aduhai. Kuliner di sana pun sudah patut untuk diacungi jempol, misalnya saja: Cimory Riverside, rumah makan Ah Poong, Momomilk Barn, atau Nicole’s Kitchen and Lounge. Perpaduan antara cita rasa makanan dan pemandangan yang memesona akan membuat Anda tidak mau pulang.

Banyak Destinasi Wisata Belum Tereksplorasi Maksimal di Indonesia Timur

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk liburan akhir tahun ke Bogor, tidak ada salahnya mempersiapkan keuangan dari jauh-jauh hari. Berikut adalah tips mengatur keuangan bagi Anda yang ingin liburan.

1. Sisihkan Sebagian Uang


Tingkatkan Pariwisata dan Industri Perikanan Pulau Tomia, PLN Tambah Genset 1.000 kW

Mulailah dengan menyisihkan sebagian uang. Anda bisa mengatur keuangan Anda dengan cara mencatat pemasukkan dan pengeluaran yang Anda lakukan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui pos mana yang masih bisa ‘ditekan’ sehingga dapat dikurangi untuk ditabung.

Jika Anda gemar makan di luar, mungkin Anda bisa mengurangi frekuensi makan di luar dan beralih dengan membawa bekal yang lebih hemat. Jika Anda suka ‘lapar mata’ saat berbelanja, mungkin Anda bisa memulai dengan membuat catatan belanja agar pengeluaran Anda lebih terkontrol.

2. Tabungan Berjangka

Jika Anda sudah menyisihkan tetapi uang tetap habis tak bersisa, mungkin Anda perlu memanfaatkan produk tabungan berjangka. Dengan tabungan berjangka, Anda akan terhindar dari keinginan untuk menguras isi tabungan hingga habis, karena mau tidak mau saldo rekening Anda akan ditabung secara otomatis (dengan sistem autodebet). Jika ingin diambil pun Anda akan dikenakan penalti (sebelum waktu jatuh tempo).

3. Investasi

Cara ini untuk mengoptimalkan saldo tabungan Anda. Dengan mengikuti investasi, memungkinkan Anda memperoleh profit atau keuntungan dari tabungan. Salah satu bentuk investasi yang banyak digunakan ialah reksadana. Keuntungan/profit reksadana tergantung dari jenis yang Anda pilih, tetapi pada umumnya lebih besar daripada tabungan.

4. Bijak Mengelola Pengeluaran

Ya, ini mudah diketahui tetapi sulit untuk dilakukan. Bijak mengelola keuangan termasuk juga di dalamnya bijak dalam menggunakan kartu debit dan kredit. Kemudahan dan program promo yang dimiliki biasanya membuat kita tergiur. Akan tetapi, hal ini dapat membuat pengeluaran Anda tak terkontrol tanpa batas. Jadi, sebisa mungkin hindari menggunakan kartu kredit/debit untuk sesuatu yang tidak masuk dalam daftar belanja Anda.

5. Mencari Pekerjaan Sampingan

Jika cara di atas tidak berhasil juga, tidak ada salahnya Anda mencari pekerjaan sampingan untuk memenuhi biaya berlibur Anda. Anda bisa menjadi penulis lepas, memberi les privat, atau berjualan online. Selain mengasah keterampilan, cara ini pun bisa menambah pundi-pundi pemasukan.

BACA JUGA : 5 Tempat Wisata di Jakarta Ini Bisa Bikin Instagram Anda Kebanjiran Likes!

6. Mencari Promosi

Dewasa ini banyak tiket perjalanan dan objek wisata yang dijual dengan harga promo. Tentu saja Anda bisa memanfaatkan ini untuk menghemat biaya liburan Anda. Biasanya tiket promo ini dijual dari jauh-jauh hari. Jadi, rencanakan perjalanan Anda sejak jauh-jauh hari dan mulai membuka situs online yang biasa menyediakan harga promo.

Ayu Ting Ting dan Raffi Ahmad Terciduk Duduk Sebelahan di Pesawat, Ivan Gunawan Marah-marah

7. Mencari Penginapan Murah

Selain mencari harga promo, mencari hotel murah mutlak adanya, misalnya saja hotel murah di Bogor. Anda pun bisa memanfaatkan situs online yang menyediakan pilihan penginapan dengan harga yang kompetitif. Salah satu situs online dengan jumlah properti hotel terbanyak ialah Airy Rooms.

Soal Jong-hyun 'SHINee', Warganet: Stay Strong, Mbak Kahiyang Ayu



Airy Rooms memiliki banyak alternatif hotel dan guest house yang bisa Anda pilih. Ia pun memiliki 7 jaminan fasilitas yang dapat membuat liburan Anda semakin nyaman, seperti: AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur nyaman, shower air hangat, air minum gratis, dan free WIFI. Anda pun bisa memesan kamar Airy dengan mudah melalui ponsel pintar dan membayarnya di Indomaret.

"Muncul Penolakan kepada Menteri Agama, Jokowi dan Kroni-kroninya Terpukul"

Demikian tips singkat tentang mengatur keuangan bagi Anda yang hobi berlibur. Semakin dini Anda mempersiapkan, semakin nyaman pula Anda menikmati liburan nantinya. Selamat mencoba.

 

5 Tempat Wisata di Jakarta Ini Bisa Bikin Instagram Anda Kebanjiran Likes!

Penulis : Vicky Anggriawan