logo


Jangan Buang Waktu Saat Proses Pemeriksaan Barang di Bandara

Pangkas waktu Anda sebaik-baiknya agar tidak berlama-lama di proses pemeriksaan tersebut.

10 Desember 2017 10:02 WIB

dibaca 1796 x

Bepergian dengan pesawat terbang, kita pastinya harus sediakan lebih banyak waktu untuk datang ke bandara, melakukan proses check-in, melewati proses pemeriksaan barang bawaan menggunakan mesin x-ray dan pendeteksi logam, lalu boarding ke pesawat.

Pemeriksaan oleh petugas bandara terhadap barang bawaan Anda bisa saja dilakukan berlapis-lapis. Pangkas waktu Anda sebaik-baiknya agar tidak berlama-lama di proses pemeriksaan tersebut. Bagaimana tips-nya?

Pisahkan Barang-Barang


Wiih, Sukabumi Bakal Punya Bandara

Barang-barang yang terbuat dari logam seperti ikat pinggang atau mungkin perhiasan, memang harus dilepas ketika akan melewati mesin pemindai. Tidak perlu terburu-buru ketika melepas apa yang menempel pada tubuh Anda. Jika ada barang-barang yang harus dilepas tapi masih berada di dalam tas Anda, misal barang elektronik dan lain-lain, kelompokkan barang-barang tersebut dalam tempat tertentu sehingga Anda mudah menjangkaunya ketika akan memasukannya ke wadah yang telah disediakan. Anda bisa gunakan tas kecil.

Penyimpanan dalam Koper/Tas

Misalnya Anda harus membawa cairan tertentu (yang pastinya bukan cairan terlarang), misalnya seperti sabun cair atau shampoo atau barang lainnya, masukkan ke dalam kantong plastik terlebih dahulu agar lebih mudah saat melewati mesin X-ray. Pastikan cairan yang Anda bawa tidak melampaui batas maksimal, yakni 1 liter per orangnya.

Sepatu

Di beberapa bandara ada yang menerapkan pemeriksaan badan menyeluruh hingga calon penumpang diminta melepas sepatunya. Untuk meminimalkan hal tersebut, lebih baik menggunakan sepatu yang mudah dilepas dan dipasang kembali.

Lihat Antrian

Anda juga harus jeli melihat antrian di depan Anda. Jangan sampai hanya karena calon penumpang di depan Anda menghabiskan banyak waktu saat pemeriksaan, Anda jadi ikut membuang waktu juga.

Tiket Pesawat

Pastikan tiket pesawat Anda selalu Anda genggam atau letakkan di dalam tas dan di tempat yang mudah Anda ingat. Terkadang jika Anda menggenggamnya pun, Anda bisa saja terlupa karena suasana yang terkesan terburu-buru saat menghadapi mesin x-ray dan metal detector. Itu lah salah satu sebab Anda sebaiknya santai saja saat pemeriksaan. Jangan sampai Anda malah membuang waktu lagi mencari-cari tiket pesawat yang mungkin terselip saat Anda berada di pemeriksaan barang. 

Ditulis oleh: Lilly Bv

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Takut Naik Pesawat? Mungkin Hal Ini Dapat Mengubah Mindset Anda

Halaman: 
Admin : Nugrahenny Putri Untari