logo


Kecam Klaim AS Soal Yerusalem, PBNU Desak PBB Bertindak

Selain itu, PBNU juga berharap negara-negara di Timur Tengah bersedia mendukung dan mendesak kemerdekaan Palestina.

8 Desember 2017 10:36 WIB

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (tengah) menyampaikan pidato saat memperingati Hari Santri Nasional 2017 di Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu (22/10).
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (tengah) menyampaikan pidato saat memperingati Hari Santri Nasional 2017 di Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu (22/10). Jitunews/FPC/Muhammad Rifqi Riyanto

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj, mengatakan bahwa perkataan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel berpotensi merusak kedamaian dunia.

Fadli Zon Sebut Klaim Trump Soal Yerusalem Mungkin Saja Pengalihan Isu Domestik

"Merupakan suatu tindakan yang akan mengacaukan dan merusak perdamaian dunia," kata Said Aqil di Jakarta, Kamis (712).

PBNU pun mengambil sikap untuk ikut mengecam pernyataan sepihak AS tersebut. Yerusalem bukan ibu kota Israel, melainkan ibu kota Palestina yang telah diakui. Untuk itu, Said Aqil pun berharap Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) segera memenuhi hak warga Palestina dan memberikan sanksi terhadap negara-negara yang masih kekeh ingin menduduki Palestina.


Tanggapi Klaim Trump Soal Yerusalem, PPP Menyerukan Boikot Barang Produksi AS dan Israel

"Segera berikan hak yang setara sebagai rakyat dan negara yang merdeka," ucapnya.

Selain itu, PBNU juga berharap negara-negara di Timur Tengah bersedia mendukung dan mendesak kemerdekaan Palestina. Demikian pula dengan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan juga Pemerintah Indonesia, yang diharapkan mampu menciptakan solusi terkait persoalan tersebut.

"OKI (Organisasi Kerjasama Islam) juga secara intensif mengorganisir anggotanya untuk mendukung kemerdekaan Palestina," ujarnya lagi.

Said Aqil kemudian mengajak masyarakat untuk bermunajat kepada Allah SWT supaya rakyat di Palestina diberikan kekuatan, ketabahan, dan segera tercipta kedamaian yang selama ini telah diidam-idamkan.

Trump Klaim Atas Yerusalem, PDIP Ingatkan Legitimasi KAA ke Palestina

Penulis : Nugrahenny Putri Untari