logo


Setya Novanto Jalani Sidang Perdana di PN Tipikor Rabu Depan

Sidang perdana terdakwa Setya Novanto akan digelar pada Rabu tanggal 13 Desember 2017 di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor)

7 Desember 2017 14:25 WIB

Setya Novanto usai diperiksa KPK.
Setya Novanto usai diperiksa KPK. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COMSidang perdana terdakwa Setya Novanto akan digelar pada hari Rabu, tanggal tanggal 13 Desember 2017 di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). 

Praperadilan Novanto Jilid II, Fredrich: Doakan Bisa Menang

"Hari Rabu depan tanggal 13 Desember 2017," kata pejabat humas Pengadilan Tipikor Jakarta, Ibnu Basuki, pada hari Kamis (7/12).

Ibnu mengatakan susunan majelis hakim hampir sama dengan majelis hakim yang mengadili tiga terdakwa kasus korupsi pengadaan e-KTP sebelumnya. Bedanya hanya di ketua majelis hakim, pada sidang Irman, Sugiharto, dan Andi Agustinus alias Andi Narogong, ketua majelis hakim adalah hakim Jhon Halasan Butarbutar. Sedangkan di sidang Setya Novanto nanti yang menjadi ketua majelis hakim adalah Yanto.


Hakim Putuskan Sidang Praperadilan Setya Novanto Tetap Berjalan

"Yanto, Frangki Tambuwun, Emilia Djajasubagja, Anwar, Ansyori Syaifudin. Empat anggota sama di-split menangani perkara tersebut kecuali Pak Jhon mutasi ke Pontianak," jelas Ibnu.

Berkas perkara Setya Novanto sudah dilimpahkan ke PengadilanTipikor pada hari Rabu (6/12) kemarin sore. Sedangkan praperadilan Novanto digelar pada pagi tadi. Hakim tunggal praperadilan, Kusno, mengatakan sidang praperadilan akan tetap dilanjutkan meski pihak KPK telah melimpahkan berkas gugatan ke Pengadilan Tipikor.

"Perkara sudah dilimpahkan. Gari pendiriannya tetap pasal 82 huruf d, yakni baru gugur setelah pemeriksaan pokok perkara dimulai," kata Kusno di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada hari Kamis (7/12).

Tak Diizinkan Jenguk Setya Novanto, Fahri Hamzah: KPK Ini Memang Aneh

Penulis : Aurora Denata