logo


Hakim Putuskan Sidang Praperadilan Setya Novanto Tetap Berjalan

Hal tersebut sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 102/PUU-XIII/2015.

7 Desember 2017 13:56 WIB

Setya Novanto usai diperiksa KPK.
Setya Novanto usai diperiksa KPK. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan kembali menggelar sidang praperadilan Setya Novanto yang pekan lalu sempat ditunda.

Peran Setya Novanto di Proyek e-KTP Akan Dibeberkan KPK di Persidangan

Hakim tunggal, Kusno, mengatakan bahwa sidang praperadilan akan tetap dilanjutkan meski pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan berkas gugatan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

"Perkara sudah dilimpahkan. Dari pendiriannya tetap pasal 82 huruf d yakni baru gugur setelah pemeriksaan pokok perkara dimulai," kata Kusno di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada hari Kamis (7/12).


KPK akan Hadir di Sidang Praperadilan Novanto Jilid II Hari Ini

Selain itu, Kusno juga mengatakan bahwa permintaan praperadilan baru dinyatakan gugur ketika sidang perdana pokok perkara terdakwa digelar di Pengadilan. Hal tersebut sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 102/PUU-XIII/2015.

"Jelas itu ya. Gugatan praperadilan gugur setelah perkara pokoknya mulai diperiksa," ujarnya lagi.

Untuk itu, Kusno meminta KPK untuk memberikan informasi kapan agenda dakwaan di Pengadilan Tipikor dimulai. Ia pun berharap KPK dapat menyampaikan informasi tersebut pada sidang praperadilan lanjutan yang rencananya digelar tanggal 8 Desember 2017 esok hari.

Praperadilan Novanto Jilid II, Fredrich: Doakan Bisa Menang

Penulis : Nugrahenny Putri Untari