logo


Pola Makan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Kebutuhan nutrisi pasien diabetes itu sama seperti pada pasien non diabetes. Asupan gizi yang disantap harus dibuat berdasarkan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, aktivitas fisik dan kebutuhan fisiologis pasien...

5 Desember 2017 16:07 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet
dibaca 3723 x

Kebutuhan nutrisi pasien diabetes itu sama seperti pada pasien non diabetes. Asupan gizi yang disantap harus dibuat berdasarkan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, aktivitas fisik dan kebutuhan fisiologis pasien.

Resep Sederhana Dimsum nan Lezat

Pengidap diabetes tidak dapat menghasilkan cukup insulin sehingga kesulitan dalam mengendalikan gula darah yang pada akhirnya membuat metabolisme terganggu dan gula darah naik dengan pesat.

Namun, dengan mengatur pola makan yang tepat, pasien diabetes dapat hidup sehat. Dan berikut cara agar gaya makan Anda tepat dan tidak membahayakan kesehatan seperti yang dilansir dari Health Me Up.


5 Jenis Bunyi dalam Tubuh yang Perlu Diwaspadai

1. Konsumsi karbohidrat
Anda harus menyandap makanan berkarbohidrat kompleks seperti biji-bijian, gandum dan beras merah untuk membantu menstabilkan gula dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Makan protein tanpa lemak
Protein harus disediakan dalam jumlah yang cukup untuk mempertahankan komposisi tubuh tetap normal. Makanan berprotein tanpa lemak di antaranya susu olahan, putih telur, ayam dan ikan.

3. Asupan serat mencukupi
Asupan serat yang memadai dari kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran dapat membantu turunkan gula darah dan menjaga kadar kolesterol.

4. Barengi dengan olahraga
Olahraga ketahanan atau aerobik sangat ideal untuk pengidap diabetes. Latihan setidaknya 3-5 jam seminggu untuk meningkatkan sensitifitas insulin.

5. Hindari gula, garam dan makanan berlemak
Sebaiknya perbanyak rempah-rempah dan bumbu untuk penyedap rasa ketimbang banyak garam. Garam sebenarnya bisa diganti dengan lada hitam, cabai, kemangi, seledri, peterseli dan bumbu seperti cuka dan mustard. Dan makanan yang digoreng apapun itu harus dihindari oleh pasien diabetes sebab dapat meningkatkan gula darah.

6. Makan tepat waktu
Makan yang ideal untuk pengidap diabetes yaitu setiap 3 sampai 4 jam sekali.

7. Hindari saus
Pasien diabetes tidak dianjurkan untuk memakai saus berat termasuk mayones karena kandungan di dalamnya berisiko untuk Anda.

Ditulis oleh: Andre

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

4 Minuman Alternatif Pengganti Kopi

Admin : Satria Budi