logo


Koleksi Pesawat Terbanyak dalam Waktu 11 Bulan, Marsekal Hadi Tjahjanto Raih Rekor MURI

Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan apa yang diraihnya ini didedikasikan kepada TNI AU

4 Desember 2017 20:13 WIB

Kepala Staf TNI Angkata Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto mendapatkan penghargaan dari museum rekor dunia Indonesia (MURI)
Kepala Staf TNI Angkata Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto mendapatkan penghargaan dari museum rekor dunia Indonesia (MURI) Dok. TNI AU

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COMKepala Staf TNI Angkata Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto mendapatkan penghargaan dari museum rekor dunia Indonesia (MURI) usai peresmian lima monumen pesawat di museum pusat TNI AU dirgantara mandala (Muspusdirla) di Kompleks lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Minggu (3/12).

Hadi mendapatkan penghargaan tersebut karena berhasil mengoleksi 16 pesawat untuk dibawa ke Muspusdirla dalam waktu 11 bulan. Hal tersebut menjadikannya sebagai pengoleksi monumen pesawat terbanyak, hingga saat ini jumlah pesawat TNI AU di Muspurdirla ada 56.

Pendiri MURI, Jaya Suprana mengatakan koleksi di Muspusdirla yang lengkap tidak hanya menjadi kebanggaan tapi juga dibutuhkan bagi generasi muda. Karena dengan adanya pesawat tersebut, mereka bisa mengetahui tentang beratnya perjuangan para pahlawan di masa kemerdekaan, khususnya TNI AU.


Marsekal Hadi Resmikan Monumen Karbol di Akademi Angkatan Udara

"Karena ini sangat penting, maka MURI memberikan penghargaan ini," kata Jaya Suprana.

Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan apa yang diraihnya ini didedikasikan kepada TNI AU. Sebagai upaya melestarikan nilai luhur dan melangsungkan momen yang sangat berharga bagi sejarah perjuangan TNI AU dalam mempertahankan NKRI.

"Saya harapkan dengan penghargaan ini akan menambah kesadaran cinta tanah air, baik pemimpin museum maupun, generasi remaja dan anak-anak sebagai penerus perjuangan, terutama dalam memahami arti perjuangan dan pengadian pesawat tersebut," kata Hadi.

Lima pesawat yang menjadi penghuni baru yaitu Cessna 401, Mil Mi-1, Bell 204Iroquois, Bell 47G Soloy dan S-58 T Twin Pack.

Marsekal Hadi Tjahjanto Resmikan Lima Monumen Pesawat di Lanud Adisutjipto

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata