logo


Ayooo....Berburu Sayur Segar di Pasar Tani Pinrang

Hasil-hasil produksi pertanian unggulan Pinrang juga akan tersosialisasikan di pasar tani sehingga produk lokal akan semakin disukai masyarakat.

27 November 2017 11:58 WIB

Ibu-ibu rumah tangga di kota Pinrang berburu sayur segar di pasar tani Pinrang
Ibu-ibu rumah tangga di kota Pinrang berburu sayur segar di pasar tani Pinrang
dibaca 102 x

Pasar tani dapat memberikan keuntungan besar kepada petani karena dapat menjual produk hasil pertanian langsung kepada konsumen. Keberadaan pasar tani sebagai tempat transaksi jual beli sehingga dapat memutuskan rantai perdagangan yang seringkali menimbulkan kerugian bagi petani.

Modernisasi Pertanian Jadi Andalan Kementan Menghadapi Globalisasi

Dinas Pertanian dan Hortikultura (Distanhorti) menggelar Pasar Tani di pelataran Lasinrang Park, setiap hari Minggu. Kegiatan ini merupakan yang keenam kalinya dilaksanakan dengan perkembangan jumlah komoditas yang dipasarkan yang terus meningkat.

"Kegiatan ini, diharapkan menjadi jembatan penghubung antara petani produsen dengan konsumen, kelompok tani dapat langsung berinteraksi dengan pembeli, dan pembeli dapat menikmati sayuran yang segar dari petani" ungkap Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikuktura Distanhorti Pinrang, Hj. Eriyanti.


Joko Widodo: Kaya Sumber Daya Dianggap sebagai Petaka Indonesia

Dikatakan Eryanti, pemasaran sayuran tidak hanya lewat rantai distribusi yang panjang sehingga petani dapat menikmati harga jual yang lebih baik. Hasil-hasil produksi pertanian unggulan Pinrang juga akan tersosialisasikan di pasar tani sehingga produk lokal akan semakin disukai masyarakat.

Hal senada diungkapkan Suardi S, yang merupakan seorang pemerhati pertanian di Pinrang. Menurutnya, kegiatan ini patut diapresisasi, antusias masyarakat yang luar biasa datang berbelanja ini tentunya sebagai bukti bahwa pangan memang harus tersedia dengan kualitas yang baik dan kuantitas yang memadai.

Produk pertanian yang digelar di pasar tani antara lain adalah aneka sayuran, cabai, beras, bawang, buah-buahan. Semuanya adalah hasil binaan Dinas Pertanian dan Hortikultura Pinrang. Hj. Eryanti berharap agar ke depan kegiatan ini akan dilaksanakan di setiap hari Jumat dengan lokasi di pelataran Distanhorti Pinrang, sehingga secara tidak langsung juga sosialisasikan kepada pengunjung mengenai perubahan jadwal dan lokasi kegiatan.

Ditulis oleh: Abdul Salam Atjo

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Menatap Tantangan Pertanian Nasional dengan Program Pertanian Rakyat Semesta

Admin : Nugrahenny Putri Untari