logo


Vonis 1,5 Tahun untuk Sang Pengunggah Potongan Video Almaidah Ahok

Vonis hakim ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yang meminta Buni Yani dihukum dua tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider tiga bulan penjara.

14 November 2017 15:58 WIB

Buni Yani pengunggah video dugaan kasus penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama.
Buni Yani pengunggah video dugaan kasus penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama. Istimewa

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Buni Yani divonis 1,5 tahun penjara lantaran terbukti bersalah sebagaimana diatur dalam pasal 32 ayat 1 juncto Pasal 48 ayat 1 UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Kuasa Hukum Buni Yani Harap Hakim Bisa Objektif

Terdakwa terbukti telah mengubah isi dokumen elektronik video Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ketika berpidato di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. Petikan pidato yang viral itu lah yang pada akhirnya menyebabkan Ahok mendekam di penjara akibat kasus penistaan agama.

"Menjatuhkan pidana oleh karena itu kepada terdakwa dengan pidana selama 1 tahun dan enam bulan," Ketua Majelis Hakim, M Sapto, di Gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip, Jalan Seram, Kota Bandung, Selasa (14/11).


Ikut Orasi Jelang Vonis Buni Yani, Eggi Sudjana: Kita Begini karena Hakim Tunduk pada Kekuasaan

Vonis hakim ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yang meminta Buni Yani dihukum dua tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider tiga bulan penjara.

Hal yang memberatkan menurut hakim adalah terdakwa telah menimbulkan keresahan dan tak mengakui kesalahannya. Sementara itu, hal yang meringankan adalah terdakwa belum pernah dihukum dan punya tanggungan keluarga.

Orasi Amien Rais: Bela Saudara Kita, Buni Yani yang Dikriminalisasi

Penulis : Nugrahenny Putri Untari