logo


Kata Kuasa Hukum Soal Kondisi Ahok Pasca Kerusuhan di Rutan Mako Brimob

Wayan memastikan Ahok tidak akan dipindahkan

13 November 2017 09:55 WIB

Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

DEPOK, JITUNEWS.COM - Insiden kerusuhan di blok khusus tahanan teroris yang terjadi di rumah tahanan Mako Brimob, Jumat (10/11) lalu, nyatanya tak memberi dampak apa pun kepada mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menempati salah satu sel di rutan tersebut.

AHY Kunjungi Ahok di Mako Brimob

Hal itu diungkapkan langsung oleh kuasa hukum Ahok, I Wayan Sudirta, Minggu (12/11) kemarin.

“Lokasi kerusuhan kan beda blok. Pak Ahok masih membaca dan menulis pas kejadian karena lokasinya blok berbeda,” tutur Wayan.


Dari Sel Mako Brimob, Ahok Tuliskan Pesan untuk Pemuda 'Jaman Now'

Wayan mengatakan, sistem keamanan di Rutan Mako Brimob sangat baik. Petugas menangani kerusuhan di blok khusus tahanan teroris itu secara cepat.

“Jadi tidak sampai memberi dampak ke blok lain, termasuk sel tahanan Pak Ahok,” tuturnya.

Ia pun memastikan bahwa tidak ada informasi tentang rencana pemindahan para tahanan pascakerusuhan tersebut.

“Pak Ahok tidak akan dipindahkan, tahanan lainnya juga tidak ada rencana untuk pemindahan,” tutupnya, dikutip dari tempo.co.

Diwartakan sebelumnya, telah terjadi keributan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jumat (10/11) sore yang berasal dari tempat tahanan narapidana teroris. Kejadian tersebut dipicu seorang narapidana dan petugas Densus yang sama-sama terpancing amarah.

Saat itu, petugas piket Densus melaksanakan penggeledahan dan ditemukan HP empat buah. Namun, narapidana merasa tidak terima dengan penggeledahan tersebut kemudian menantang petugas dan terjadilah perkelahian ketika keduanya sama-sama naik pitam. Kondisi semakin memanas ketika ada narapidana yang meneriakkan takbir dengan keras sehingga memancing tahanan blok di sebelahnya. Akibat keributan tersebut, sejumlah fasilitas rutan pun rusak.

Mako Brimob Sempat Rusuh, Ini Kondisi Terkininya

Penulis : Riana