logo


Genjot Program Gemarikan, KKP Gelar Bazar Perikanan di Lippo Mall Kemang

Acara yang akan dilangsungkan hingga Minggu (12/11) ini menghadirkan para penjual produk perikanan mulai dari produk olahan sampai produk siap makan.

7 November 2017 18:32 WIB

Dirjen PDSPKP, Nilanto Perbowo, saat ditemui di acara Bazar Produk Perikanan di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (7/11).
Dirjen PDSPKP, Nilanto Perbowo, saat ditemui di acara Bazar Produk Perikanan di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (7/11). Jitunews/Riana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), menggelar Bazar Produk Perikanan 2017 dalam rangka kampanye Gemarikan di pelataran Lippo Mall Kemang, Selasa (7/11).

KKP Genjot Konsumsi Ikan Lewat Kampanye Gemarikan

Acara yang akan dilangsungkan hingga Minggu (12/11) ini menghadirkan para penjual produk perikanan mulai dari produk olahan sampai produk siap makan.

Adapun produk hasil perikanan yang ditawarkan meliputi ikan segar, ikan beku dan produk olahan basah dan kering, seperti udang segar, fillet, frozen food, snack dan juga kuliner (siomay, pempek, dimsum dll).


Festival Gemarikan: Susi Apresiasi Kinerja TNI AL dan ‘Ancam’ Masyarakat Agar Makan Ikan

Dirjen PDSPKP, Nilanto Perbowo, menegaskan, penyelenggaraan Bazar Produk Perikanan 2017 kali ini terbilang istimewa karena bersamaan dengan event yang juga digaungkan KKP, yakni pameran Indonesia Pearl Festival ke-7. 

Ia pun lantas menuturkan, dengan adanya acara ini, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa ikan menjadi tumpuan sumber protein yang hadir di dalam menu keluarga. Serta juga lebih mendorong tumbuhnya budaya makan ikan dan kuliner ikan di masyarakat.

“Acara ini menjadi sangat penting dilakukan, terutama untuk memastikan konsumsi ikan per kapita masyarakat Indonesia yang harus terus naik dari waktu ke waktu. Ikan bagus untuk kecerdasan dan pertumbuhan anak, terutama di 1.000 hari pertama masa kehamilan si ibu hingga bayinya berumur 3 tahun, proteinnya bagus,” papar Nilanto saat ditemui Jitunews.com, di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (7/11).

Nilanto mengatakan, dari data, angka konsumsi ikan nasional tahun 2016 mencapai 41,74 kg/kapita. Sedangkan tahun 2017 konsumsi ikan nasional ditargetkan sebesar 43-an kg/kapita.

“Dari data, sampai 2016 kemarin, sudah 41,74 kg/kapita/tahun. Dan target kita tahun ini akan naik cukup signifikan ke angka 43 koma sekian. Tentu ini membutuhkan kerja keras dan dukungan dari stakeholders termasuk mitra Gemarikan. Dan ini artinya KKP peduli untuk mendukung terlaksananya program ini dengan baik,” tutur Nilanto.

Nilanto menerangkan, pelaksanaan program Gemarikan tidak hanya menjadi tugas dari KKP sebagai instansi teknis yang membidangi kelautan dan perikanan, namun menjadi tugas seluruh komponen institusi, lembaga, dan masyarakat dalam rangka mempersiapkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas.

Ia pun menegaskan, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan Menteri Susi Pudjiastuti, maka KKP sangat memiliki kepedulian dan menginginkan agar masyarakat cerdas dan sehat dengan mengkonsumsi ikan.

“Tidak hanya kami (KKP) yang menyosialisasikan makan ikan. Maka dari itu, kami merangkul semua elemen untuk terus menyosialisasikan gerakan ini. Kami selalu mengajak seluruh Kementerian/lembaga dan seluruh elemen agar bersama-sama menggaungkan Gemarikan kepada masyarakat,” tutup Nilanto.

 

 

Dorong Konsumsi Ikan, TNI AL dan KKP Gelar Festival Gemarikan

Penulis : Riana