logo


Survei Pilkada Kalbar, Milton Crosby Jadi Tokoh yang Paling Diterima Warga

Menurut Fahmi, tingginya penilaian masyarakat terhadap Milton dikarenakan ia dianggap mampu dan cakap memimpin Kalbar, dengan pengalamannya menjabat sebagai Bupati Sintang.

13 Oktober 2017 22:09 WIB

Milton Crosby
Milton Crosby ist

KALBAR, JITUNEWS.COM - Indonesia Development Monitoring (IDM) belum lama ini menggelar survei dalam menyambut Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat (Pilgub Kalbar), yang akan berlangsung tahun 2018 nanti.

Pilkada Kalbar 2018: Hasil Survei IDM, Masyarakat Kalbar Ingin Milton Crosby Jadi Gubernur

Adapun, survei ini dilakukan sejak 24 September hingga 4 Oktober 2017. Direktur Eksekutif IDM, Fahmi Hafel, mengatakan, tokoh yang diuji diantaranya adalah Bupati Mempawah Ria Norsan, Wali Kota Pontianak Sutarmidji, Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, Bupati Kayong Utara Hildi Hamid, dan Mantan Bupati Landak Adrianus Asia Sidot.

"Selain itu, ada pula Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalbar Kartius, anggota DPR dapil Kalbar Lasarus, mantan Bupati Sintang Milton Crosby dan Bupati Landak yang juga anak Gubernur Petahana Cornelis, Karolin Margaret Natasya," tukas Fahmi dalam keterangan resminya kepada Jitunews.com, Jumat (13/10).


Survei INES: Deddy Mizwar Paling Jujur dan Amanah Menurut Masyarakat Jawa Barat

Dari hasil survei tersebut, sambung Fahmi, Milton Crosby adalah tokoh yang paling mampu dan diterima oleh masyarakat Kalimantan Barat sebagai tokoh untuk menggantikan Cornelis.

"Hal ini teruji dengan pendapat 89,4 persen responden dalam survei yang menyatakan Milton Crosby punya prestasi memuaskan selama memimpin Kabupaten Sintang dan dekat dengan masyarakat," katanya.

Sementara itu di urutan kedua, Ria Norsan yang oleh 75,7 persen. Kemudian, Lasarus 74,7 persen, Hildi Hamid 73,6 persen, Sutarmidji 70,6 persen, Adrianus Sidot 70,4 persen, Karolin 68,7 persen, Suryadman Gidot 68,3 Persen, dan Kartius 67,7 persen.

Menurut Fahmi, tingginya penilaian masyarakat terhadap Milton dikarenakan ia dianggap mampu dan cakap memimpin Kalbar, dengan pengalamannya menjabat sebagai Bupati Sintang.

"Selama Milton menjabat sebagai Bupati Sintang, terbukti Sintang adalah Kabupaten dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi dan pengurangan kemiskinan di atas rata-rata provinsi Kalimantan Barat. Hal ini sesuai dengan Analisis Pembangunan Wilayah Provinsi Kalimantan Barat 2015 yang dikeluarkan BPS," ungkap Fahmi.

Kemudian, Fahmi juga menilai, Ria Norsan, yang memiliki segudang prestasi selama memimpin Mempawah bisa jadi saingan terberat Milton Crosby dalam Pilgub Kalbar nanti.

Kemudian ketika ditanya secara spontan pada responden soal siapa yang akan dipilih pada Pilgub Kalbar nanti, kata Fahmi, jawaban yang didapat sebanyak 25,8 persen dari 2317 responden memilih Milton Crosby. Lalu, di urutan kedua Ria Norsan dipilih sebanyak 14,4 persen, Hildi Hamid 12,8 persen, Sutarmidji 11,3 persen, Lasarus 10,3 persen, dan Suryadman Gidot 3,3 persen.

"Sementara Kartius 2,2 persen, Adrianus Sidot 3,1 persen, serta Putri Gubernur Kalimantan Barat Karolin hanya dipilih oleh 8,2 persen responden. Sedangkan yang tidak memberikan jawaban sebanyak 8,6 persen," ujar Fahmi.

Fahmi juga menjelaskan bahwa hampir 85,6 persen masyarakat Kalbar menilai dan merasakan buruknya kinerja Pemprov Kalimantan Barat yang dipimpin Cornelis selama 10 tahun belakangan ini.

"Hal ini yang menyebabkan masyarakat menilai Karolin memiliki tingkat akseptabilitas dan kapabilitas yang rendah untuk memimpin Kalbar," tukasnya.

Sebagai informasi, survei IDM kali ini dilakukan dengan menggunakan survei jajak pendapat dengan melakukan wawancara dan pengisian kuisioner kepada masyarakat Kalimantan Barat yang terpilih secara random sebagai sample.

"Responden sebanyak 2317 orang dari 3 Kota dan 11 Kabupaten di Kalimantan Barat mengunakan metode multistage random sampling. Dengan Tingkat Kepercayaan Survei 95% dan Margin of error sebesar kurang lebih 2,04%," jelas Fahmi.

 

LKPI Gelar Survei Para Tokoh Potensial Kaltim, Ini Hasilnya..

Penulis : Riana