logo


Jadi Saksi Andi Narogong, Ganjar Pranowo Bantah Terima Uang

Ganjar juga menampik tudingan dari Nazaruddin yang menyebutnya menolak duit karena jumlahnya sedikit

13 Oktober 2017 20:30 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. dok. sayangi.com

JAKARTA, JITUNEWS.COMMantan pimpinan Komisi II DPR, Ganjar Pranowo hadir sebagai saksi dalam sidang Andi Narogong. Ganjar mengaku pernah ditawari uang dari anggota Komisi II DPR Almarhumah Mustokoweni, namun dia menolak.

Ganjar: Nelson Mandela Saja Punya Batik Satu Lemari

"Saya menolaknya, dia bilang 'dek, iki jatahmu'. Saya bilang nggak usah. 'Nah terus bagaimana', buat kamu aja," kata Ganjar di Pengadilan Tipikor, Jumat (13/10).

Ganjar juga menyebut pembagian uang dalam pembahasan anggaran di DPR adalah tidak wajar.


Novanto Keluar RS, KPK: Tak Boleh Sakit Hati

"Tidak. Makanya saya berani menyampaikan itu. Saya sampaikan, sudahlah kita sudah punya pengalaman buruk. Kita harus sadar, sudah cukup," katanya.

"Pernah menerima amplop dari seseorang?" tanya anggota majelis hakim, Frangki Tambuwun.

"Saya tegas memperingatkan, saya tidak tahu (siapa yang ngasih), masih misteri," jawabnya.

Ganjar lalu menjelaskan tentang amplop tersebut, dia mengaku sedang berbincang dengan rekannya kemudian datang seorang pria yang menyelipkan amplop.

"Waktu itu lagi ngobrol saya terima apa. Oh ya, setelah saya lihat saya kembalikan ke yang menyerahkan. Saya inget-inget lagi sampai ini masih misteri saja orang itu," katanya.

Penasihat hukum Andi Narogong, Samsul Huda menanyakan mengenai kode merah, biru, dan kuning terait fee e-KTP. Namun, Ganjar mengaku tidak mengetahui tentang kode tersebut.

"Saya tidak pernah dengar," katanya.

Gubernur Jawa Tengah ini tegas membantah tidak pernah menerima aliran dana terkait proyek e-KTP. Ganjar bahkan meminta bukti mengenai kabar tersebut.

"Itu siapa yang bilang. Kan hanya disebutin. Siapa yang mendeliver, siapa yang menerima kan tidak disebutkan. Bisa jadi kalau saya berasumsi mungkin ada orang yang merancang itu," ujarnya.

Ganjar juga menampik tudingan dari Nazaruddin yang menyebutnya menolak duit karena jumlahnya sedikit.

"Bohong. Orang boleh ngarang cerita tapi kalau Anda melihat dari konfrontasi saya waktu itu dengan Miryam S haryani. Miryam yang membagi duit saja dia mengatakan tidak," tegas Ganjar.

Kerjasama dengan FBI, KPK Dapatkan Bukti Terbaru Kasus E-KTP

Penulis : Aurora Denata