logo


Nyaris Raih Satu Juta Pesanan Sehari, Shopee: Ini Selebrasi Terbesar Buat Kami

Dalam kampanye ini, kategori produk dengan peningkatan terbanyak adalah kategori elektronik, perlengkapan rumah tangga, dan kosmetik.

12 Oktober 2017 17:11 WIB

Brand Manager Shopee Indonesia, Rezki Yanuar (kiri) dan Head Operation Shopee Indonesia, Handika Tjahja (kanan)
Brand Manager Shopee Indonesia, Rezki Yanuar (kiri) dan Head Operation Shopee Indonesia, Handika Tjahja (kanan) Jitunews/Riana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Selama 16 hari ke belakang, Shopee menggelar 10.10 Big Mobile Shopping Day. Di event tersebut, Shopee menawarkan berbagai promosi yang mereka klaim menjadi promosi terbesar bagi mobile online shopping di Indonesia.

Genjot Minat Belanja Online, Shopee Gelar 10.10 Mobile Shopping Day 2017

Setelah mencanangkan tanggal 10 Oktober sebagai hari belanja online terbesar melalui handphone sejak tahun lalu itu, e-commerce besutan Chris Feng itu kini menuai hasil memuaskan.

Menurut Head Operation Shopee Indonesia, Handika Tjahja, 10.10 Big Mobile Shopping Day 2017 tersebut berhasil mencatatkan rekor baru dengan total hampir 1.000.000 pesanan dan 2 kali peningkatan kunjungan aplikasi hanya dalam kurun waktu 24 jam.


Gandeng 30 Mitra, Shopee Gaungkan Revolusi Mobile Shopping di Indonesia

"Gelaran 10.10 Big Mobile Shopping Day 2017 tahun ini jadi selebrasi yang terbesar buat kami. Dalam jangka waktu 16 hari, Shopee hampir mendapatkan sejuta transaksi dalam kurun waktu 24 jam. Ini rekor buat kami. Di event ini, traffic penjualan kami meningkat dua kali lipat dibandingkan kampanye sebelumnya. Dengan didukung 150.000 seller yang berpartisipasi, peningkatan jumlah pembelian mencapai 95%. Bagi kami, ini di luar dugaan," papar Handika di Nouvelle Restaurant, SCBD, Jakarta, pada hari Kamis (12/10).

Lebih jauh, Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar, membeberkan fakta perilaku konsumen dalam 10.10 Big Mobile Shopping Day 2017 kemarin. Menurutnya, konsumen yang mengakses Shopee saat gelaran 10.10 Big Mobile Shopping Day 2017 paling banyak pada pukul 10.00 s.d 11.00 dan pukul 13.00 s.d 14.00.

Rezki pun melanjutkan, 95 persen pesanan yang datang mayoritas berasal dari konsumen yang menggunakan telepon seluler pintar. Bahkan, total ada 5 juta chat yang dilakukan dalam promo tersebut.

"Saat event tersebut, total chat ada 5 juta (penjual dan pembeli). Biasanya transaksi kami 90%, di 10.10 menjadi 95%. Ini sangat amat besar, kami merasa, dengan ini, kami sudah menjawab kebutuhan konsumen.

Kemudian Rezki menuturkan, dalam kampanye ini, kategori produk dengan peningkatan terbanyak adalah kategori elektronik, perlengkapan rumah tangga, dan kosmetik.

"Produk-produk yang mengalami peningkatan terbanyak di antaranya mencakup blender, juicer, seprai kasur, dan lipstik," papar Rezki.

Bicara soal tantangan atau kendala, Rezki mengatakan, pada dasarnya yang Shopee khwatirkan saat gelaran 10.10 berlangsung adalah kurangnya stok dan kesiapan seller.

"Soal kendala sih gak ada yang berarti, hanya saja kami agak sedikit khawatir soal stok dan kesiapan seller, karena pesanan kan melonjak, itu aja. Tapi kita antisipasi dengan cara berdiskusi dengan partner dan seller kita, alhamdulillah sih semuanya lancar, hasilnya memuaskan," tandas Rezki seraya tersenyum.

Ke depannya, ujar Rezki, Shopee akan menggelar kampanye 10.10 serupa pada tahun mendatang. Ia mengklaim, Shopee akan fokus pada peningkatan layanan aplikasi agar lebih mudah digunakan pelanggan.

"Event 10.10 tentunya akan kami gelar kembali tahun depan. Akan semakin besar, secara kuantitas dan kualitas akan lebih besar, begitu juga dari sisi partner dan seller, kami berharap lebih banyak," pungkas Rezki.

 

Gelar 10.10 Big Mobile Shopping Day 2017, Shopee Kantongi Hampir 1 Juta Pesanan dalam 24 Jam!

Penulis : Riana