logo


Warga Papua Serang Kemendagri, KPU: Hasil Tidak Bisa Diganggu Gugat

Menurutnya hal ini dikarenakan hasil pilkada di Kabupaten Tolikara itu telah final dan sudah menjadi keputusan Mahkamah Agung

12 Oktober 2017 16:17 WIB

Komisioner KPU Hasyim Ashari.
Komisioner KPU Hasyim Ashari. Jitunews/Latiko Aldilla DIrga

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari, mengatakan, hasil Pilkada di Kabupaten Tolikara, Papua yang dimenangkan oleh pasangan Usman Genongga Wanimbo dan Dinus Wanimbo tidak bisa diganggu gugat.

Kantor Kemendagri Diserang Massa, Kaca Rusak dan Dirjen Terluka

Menurutnya, hal ini dikarenakan hasil pilkada di Kabupaten Tolikara itu telah final dan sudah menjadi keputusan Mahkamah Agung.

"Sudah ada putusan, putusan MK sudah muncul, dan KPU sudah menetapkan siapa yang menjadi pemenang sesuai putusan MK," ujar Hasyim di Gedung KPU, Jakarta, pada hari Kamis (12/10).


Gedung Diserang Massa, Pejabat Kemendagri Lapor ke Polda Metro Jaya

Dalam hal ini, Hasyim menjelaskan bahwa KPU tidak akan mungkin menetapkan pasangan Usman Genongga Wanimbo dan Dinus Wanimbo sebagai pemenang Pilkada apabila lembaga pengawal konstitusi belum mengeluarkan putusan tentang Pilkada Tolikara.

"Kan KPU (tidak akan) menetapkan kalau ada gugatan atau perselisihan hasil pilkada. Itu kan KPU menetapkan calon terpilih dan hasil pilkada, setelah ada putusan," tukasnya.

Sebelumnya, sejumlah warga asal Papua mengamuk dan merusak sejumlah kendaraan dan gedung kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, pada hari Rabu, tanggal 11 Oktober 2017 siang.

Kemendagri menduga, aksi penyerangan tersebut dipicu oleh kekecewaan pendukung salah satu pasangan calon bupati yang kalah dalam pilkada di Tolikara, Papua.

Polisi Buru Pelaku Kerusuhan di Kemendagri

Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata