logo


Terungkap, Inilah Rahasia di Balik Bau Menyengat Durian

Para peneliti dari NCCS membutuhkan setidaknya waktu tiga tahun untuk menemukan gen yang menjadi asal muasal keberadaan bau tajam durian.

11 Oktober 2017 09:25 WIB

tripsavvy.com/Buah Durian
tripsavvy.com/Buah Durian
dibaca 295 x

Tim Peneliti dari National Cancer Centre Singapore (NCCS) berhasil menemukan asal muasal keberadaan bau tajam yang dihasilkan durian. Teh Bin Tean, salah satu peneliti di NCCS, mengungkapkan bahwa bau tajam yang khas dari buah durian dihasilkan salah satu gen pada buah berduri itu. 

Kolaborasi Ini Ampuh Sembuhkan Penyakit Pohon Durian

Dalam kesimpulan hasil penelitian tersebut, gen yang menyebabkan adanya bau tajam itu adalah methionine gamma-lyase (MGL). MGL diketahui menghasilkan volatile sulphur compounds (VSC) yang baunya menjadi kekhasan dari buah durian yang selama ini lazim dikonsumsi. 

Seperti yang dilansir dari jawapos, para peneliti dari NCCS membutuhkan setidaknya waktu tiga tahun untuk menemukan gen yang menjadi asal muasal keberadaan bau tajam durian, khususnya durian jenis Musang King (Durio Zibethinus). Penemuan itu, menurut Teh Bin Tean, tercatat merupakan yang pertama di dunia.


Pengen Buah Berbentuk Tengkorak? Coba Baca Ini

Patrick Tan, teman Teh, yang merupakan peneliti dari NUS Medical School, menanggapi bahwa bau durian bisa sangat tajam karena terdapat empat MGL dalam setiap buahnya. Hasil penemuan ini diperkirakan akan menjadi awal penelitian lebih lanjut, agar dapat dilakukan rekayasa genetika. Tujuannya tak lain untuk menghilangkan bau tajam dari durian. 

Bagaimana menurut Anda? 

Ditulis oleh: Herman

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Ahli Durian: Bentang Alam Jadi Kunci Utama Penentu Kualitas Buah

Admin : Nugrahenny Putri Untari