logo


Soal Penghentian Reklamasi Teluk Jakarta, PDIP: Anies-Sandi Saat Itu Punya Kepentingan Sesaat

Ono juga menyakini kubu Anies-Sandi tidak mempunyai kajian yang komprehensif terhadap proyek reklamasi Teluk Jakarta.

10 Oktober 2017 11:39 WIB

Pasangan Cagub-Cawagub nomor urut 3 Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.
Pasangan Cagub-Cawagub nomor urut 3 Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Instagram @aniesbaswedan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Ono Surono, menilai, pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno cuma mengelabui rakyat Jakarta terkait komitmennya menghentikan permanen reklamasi 17 pulau di Teluk Jakarta.

Morotarium Reklamasi Dicabut, Ini Pesan Luhut untuk Anies-Sandi

"Mereka saat itu punya kepentingan sesaat dalam rangka memberikan janji kampanye kepada rakyat supaya terpilih sebagai Gubernur DKI," tukas Ono di Gedung DPR, Jakarta, Senin (9/10)

Tak hanya itu, Ono juga menyakini kubu Anies-Sandi tidak mempunyai kajian yang komprehensif terhadap proyek reklamasi Teluk Jakarta.


Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta Dicabut, Anggota Komisi VII Khawatirkan Nasib Warga

"Saya yakin Anies-Sandi tidak mempunyai kajian yang komprehensif. Apalagi masalah reklamasi Teluk Jakarta merupakan kewenangan Pemerintah Pusat," tukasnya.

Sementara itu, dalam sebuah kutipan wawancara dengan media massa, Anggota Tim Sinkronisasi Anies-Sandi, Marco Kusumawidjaja, menyatakan bahwa Pemerintahan Provinsi DKI yang baru, di bawah komando Anies-Sandi, tetap berkomitmen untuk tidak melanjutkan proyek reklamasi.

Namun kata dia, pulau-pulau yang terlanjur sudah jadi tidak akan dibongkar. Pulau-pulau tersebut akan dimanfaatkan untuk kepentingan publik. Mereka pun meminta publik untuk memberikan saran mengenai pemanfaatan pulau-pulau reklamasi di Teluk Jakarta yang sudah jadi.

"Ada yang berharap itu dijadikan hutan kota, permukiman nelayan, pantai terbuka di mana kita semua bisa menikmati, tapi belum ada kesimpulan, tapi panduan umumnya untuk kepentingan umum," kata Marco.

 

Sesalkan Moratoirum Reklamasi Dicabut, Fadli: Harusnya Nunggu Anies-Sandi Dilantik

Penulis : Riana