logo


Ingin Terbebas dari Siksa Kubur, Bacalah Ayat Ini

Surat Al Mulk/Tabarak banyak disebut para ulama sebagai ayat penyelamat

8 Oktober 2017 16:07 WIB

www.youtube.com
www.youtube.com
dibaca 2251 x

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda,

Terusiknya Perempuan Cadar yang Tak Didukung UU

"Sesungguhnya satu surat di dalam Al-Quran mempunya 30 ayat yang dapat memberi syafaat kepada pembacanya hingga dia diampuni yaitu,  Tabaarakalladzi biyadihil mulku (surah al-mulk). (Ibnu Majah 3776.)

Setiap hari pikiran kita seolah sudah terpola untuk selalu membaca berita, melahapnya sambung-menyambung seolah tak ada kenyangnya. Begitulah dunia ini melenakan kita,  hingga hanya dunia saja yang menjadi tujuan,  kita lupa dari mana kita berasal,  apa tugas kita di dunia dan kepada siapa kita akan kembali. 


Terjawab Sudah, Ini Alasan Gatot Nurmantyo Dekat dengan Umat Islam

Banyak dari kita begitu enggan membaca Alquran meskipun hanya sebentar,  seolah cukup hanya dengan sholat saja segala kewajiban sudah terselesaikan.  Padahal di dalam ayat-ayat Alquran, Allah banyak menjanjikan keselamatan pada hambanya. Yang artinya,  setiap ayat di dalam Alquran adalah pedoman untuk hidup selamat di dunia maupun akhirat. 

Surat Al Mulk/Tabarak banyak disebut para ulama sebagai ayat penyelamat.  Mampu membebaskan pengamalnya/pembacanya dari pedihnya siksa kubur. Ia terdiri dari 30 ayat,  didalam Alquran hanya 1 lembar, tetapi fadhilahnya sangat luar biasa di alam kehidupan kita selanjutnya. 

Abdullah bin Mas'ud berkata,

"Siapa yang membaca Tabaarakalladzi biyadihil mulku/Al-Mulk setiap malam,  maka Allah SWT akan menghalanginya dari siksa kubur.  Kami di masa Rasulullah menamakan surat itu dengan 'Al-Mani'ah atau penghalang dari siksa kubur.  Dia adalah salah satu surat di dalam kitabullah atau kitab Allah. Siapa membacanya setiap malam,  maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan". (HR An-Nasai dan Al-Hakim) 

Alam kubur adalah alam yang pasti didatangi semua makhluk,  alangkah bodohnya manusia yang hanya berpikir untuk dunia, tanpa mempersiapkan bekal di alam kubur dan akhirat. Sementara siksa kubur itu adalah suatu kepastian. 

Untuk itu,  seimbangkanlah hidup kita di dunia ini,  dengan tetap mempersiapkan porsi waktu untuk akhirat.  Amal kita tidak dibuat oleh orang lain,  karena itu, jadikanlah surat Al-Mulk sebagai salah satu pegangan kita untuk keselamatan di alam selanjutnya.  Jangan jadikan ia sekedar bacaan,  tapi juga hafalan dan renungan atas semua kandungannya. 

Semoga Istiqomah dalam kebaikan. 

Ditulis oleh: Dina Liliyana

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Merayu Nikmat Allah Dengan Dhuha dan Surat Al Waqi'ah

Admin : Aurora Denata