logo


Belajar Hidup Keras dari Oprah Winfrey

Dulu, jangankan untuk mengikuti gaya teman-temannya, untuk makan pun ia harus berpikir dua kali karena saking takutnya besok tidak bisa makan.

6 Oktober 2017 11:24 WIB

Oprah Winfrey
Oprah Winfrey businessinsider.com
dibaca 143 x

Berbicara tentang Oprah Winfrey maka ada suatu kesimpulan yang dapat kita ambil dari kisah hidupnya, yaitu betapa kerasnya seorang Oprah dalam menghadapi berbagai rintangan selama hidupnya hingga menjadi sukses dan terkenal.

30 Kata Inspirasi Dari Tokoh Terkenal Dunia

Oprah Winfey merupakan presenter kondang berdarah campuran Afrika-Amerika. Namun, ia lahir di salah satu kota di negara bagian Amerika yaitu Mississispi, tepatnya pada tanggal 29 Januari 1954.

Wanita yang mempunyai nama panjang Oprah Gail Winfrey ini mempunyai ayah seorang tukang cukur dan ibunya hanya berprofesi sebagai asisten rumah tangga.


Kisah Soichiro Honda, Sukses Setelah Gagal Berulang Kali

Betapa miskinnya kehidupan Oprah, jangankan untuk mengikuti gaya teman-temannya, untuk makan pun ia harus berpikir dua kali karena saking takutnya besok tidak bisa makan.

Kehancuran hidup Oprah Winfrey ditambah semenjak bercerainya kedua orang tuanya, ia tidak lagi tinggal satu atap dengan keduanya. Namun, kali ini neneknya yang terpaksa merawat Oprah, di tengah lingkungan yang kumuh. Oprah dibesarkan hingga tumbuh menjadi seorang anak kecil yang sehat nan polos.

Ketidakpedulian neneknya dalam pendidikannya, akibatnya Oprah harus mengalami pelecehan seksual yang harus diterimanya di usia 9 tahun. Usia yang seharusnya belum saatnya tau tentang hal seperti itu.

Oprah dibesarkan oleh lingkungan yang bebas dan tidak jarangnya pengawasan dari seorang nenek, akibat kebebasan itu kenyataan pahit harus diterima Oprah yaitu ia harus menanggung hamil di usianya yang masih terbilang remaja yaitu 14 tahun.

Akan tetapi, bayi laki-laki yang dilahirkan Oprah Winfrey itu meninggal dunia di usianya yang masih 2 minggu.

Ayahnya merasa khawatir akan kehidupan wanita berkulit hitam tersebut, Akhirnya Oprah harus pindah rumah ke Nashville tempat ayahnya tinggal.

Di sana Oprah di didik keras oleh seorang ayah yang tegar dan mempunyai wibawa. Dalam didikannya, Oprah diharuskan selalu membaca buku ketika waktu longgar dan membuat ringkasan setiap pekan.

Apa yang dilakukan oleh ayah Oprah sangat berhasil, Oprah tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan berprestasi. Bahkan, di usianya yang masih duduk di bangku SMA ia selalu terpilih menjadi seorang siswa teladan dan berpestasi hingga menjadi satu-satunya siswa yang mendapat undangan dari pemerintahan Gedung Putih yang mengantarkannya mendapatkan beasiswa selama menjalankan kuliah di perguruan tinggi.

Oprah memulai karirnya semenjak menjadi penyiar radio di salah satu radio lokal setempat saat bangku SMA. Kemudian ia melanjutkan karirnya sebagai pembawa berita dalam salah satu acara TV lokal, ia merupakan wanita negro pertama yang menjadi seorang pembawa acara. Acaranya yaitu People Are Talking.

Puncak debutnya kala Oprah menjadi pembawa acara talkshow sendiri yaitu The Oprah Winfrey Show yang mana behrasil menghipnotis penggemarnya di Amerika. Berkat acara yang dibawakannya tersebut, ia menjadi terkenal di Amerika bahkan dunia.

Majalah Forbes menempatkan Oprah sebagai presenter paling populer di Amerika dan menjadi selebritas wanita terkaya versi majalah Forbes.

Ditulis oleh: Lutfi Muhamad

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Lady Diana Gunakan Fashion Sebagai Alat Diplomasi

Admin : Nugrahenny Putri Untari