logo


Tanggapan Jokowi Soal Surat Freeport yang Bocor

Pemerintah ingin menyelesaikan proses negosiasi secepatnya, namun tetap ingin sifatnya saling menguntungkan kedua pihak

5 Oktober 2017 20:15 WIB

Presiden RI Joko Widodo.
Presiden RI Joko Widodo. setkab.go.id

BANTEN, JITUNEWS.COMBeberapa waktu lalu surat dari CEO Freeport McMoran Inc, Richard Adkerson yang ditujukan kepada Sekjen Kementerian Keuangan, Hadiyanto, bocor. Surat tertanggal 28 Septemb 2017 tersebut menolak divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia.

Berikut 3 Poin Final Renegosiasi Pemerintah dengan PT Freeport

Mengetahui hal tersebut, Presiden Joko Widodo juga ikut menanggapi surat mengenai penolakan tersebut.

"Ini kan masih proses. nanti ketemu tim kita, Bu Menteri BUMN, Menkeu, Menko Kemaritiman dalam satu tim nanti bertemu, namanya negosiasi alot ya biasa. Sudah 3 tahun kok ini ngotot-ngototan masalah negosiasi itu dan ini hampir final. Saya yakin win-win lah. Saya yakin akan selesai," kata Jokowi di Banten, Kamis (5/10).


Soal Saham Freeport, Jokowi: Kalau Negosiasi Tidak Ngotot ya 9% Lagi

Pemerintah ingin menyelesaikan proses negosiasi secepatnya, namun tetap ingin sifatnya saling menguntungkan kedua pihak.

"Tapi kan kita juga enggak mau kalau tidak dapat win-nya. Sana win, sini juga win. kan kami mintanya begitu. Enggak ada win sama lose-nya juga enggak mau. Win sama win, begitu," katanya.

"Jadi ini masih terus proses. Tolong semuanya membantu, juga berdoa agar apa yang kita inginkan itu betul-betul deal. Tandatangan semuanya jalan, itu yang kita inginkan," tambah jokowi.

Luhut Panjaitan Jamin Indonesia Akan Miliki 51% Saham Freeport di 2019

Penulis : Aurora Denata