logo


Operasi Patuh Penyalur Dilaksanakan Mulai Oktober, Ini Tugasnya

Pelaksanaan program ini akan dilakukan hanya di daerah Jabodetabek dan sebagian Jawa Barat

5 Oktober 2017 16:11 WIB

Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM- BPH Migas bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian (Korwas PPNS Bareskrim Polri) dan Direktorat Metrologi membentuk program Operasi Patuh Penyalur. Dengan adanya program ini diharapkan ketersediaan dan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ditetapkan pemerintah dapat terjamin di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

PHE ONWJ Memulai Pengembangan Lapangan SP

"Hadirnya program ini diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan gas bumi di dalam negeri dengan mempertimbangkan rasa keadilan masyarakat dalam mendapatkan BBM khususnya jenis BBM tertentu (bersubsidi) yaitu solar serta BBM khusus penugasan yaitu Premium RON 88 melalui SPBU," ujar Anggota Komite BPH Migas, Muhammad Ibnu Fajar, di kantor BPH Migas, Jakarta, Kamis (5/10).

Menurutnya, program Operasi Patuh Penyalur ini nantinya bertugas untuk memeriksa kelengkapan perizinan SPBU, spesifikasi BBM yang dijual di SPBU, Tera dispenser SPBU dan Kesehatan Kerja serta pengelolaan lingkungan di SPBU.


Medco E&P Indonesia Kembali Pasok Gas untuk Rumah Tangga di Sumsel

Kemudian, lanjut Ibnu, pelaksanaan program ini akan dilakukan hanya di daerah Jabodetabek dan sebagian Jawa Barat. Pelaksanaannya akan dilakukan pada bulan Oktober 2017. Sedangkan pelaksanaannya secara nasional akan dilakukan pada tahun 2018, termasuk di wilayah 3T yang terkait program BBM 1 harga di seluruh wilayah Indonesia.

Ibnu menambahkan bahwa program Operasi Patuh Penyalur ini memiliki beberapa tujuan yaitu meningkatkan kepatuhan para penyalur resmi SPBU terhadap legalitas dan perizinan (SPBU), memastikan produk-produk BBM yang diperjualbelikan Lembaga Penyalur telah sesuai standar yang telah ditentukan pemerintah, dan masyarakat tidak dirugikan dalam mendapatkan BBM khususnya dari sisi takaran.

"Dan tujuan yang terakhir adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam memberikan laporan dugaan pelanggaran aturan yang dilakukan oleh Lembaga Penyalur (SPBU)," pungkasnya.

Program 'Operasi Patuh Penyalur', BPH Migas Fokus ke SPBU

Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata