logo


Gatot Nurmanto dan Jalan Hidupnya

Panglima TNI ke-16 ini disebut-sebut pula bakal masuk bursa pencalonan presiden pada Pilpres 2019 mendatang. Terlepas dari itu semua, Gatot merupakan seorang perwira TNI yang sangat berprestasi di lingkungan TNI.

26 September 2017 11:58 WIB

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Puspen TNI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Nama Gatot Nurmantyo belakangan ini sering menjadi konsumsi pemberitaan. Panglima TNI ke-16 ini disebut-sebut pula bakal masuk bursa pencalonan presiden pada Pilpres 2019 mendatang. Terlepas dari itu semua, Gatot merupakan seorang perwira TNI yang sangat berprestasi di lingkungan TNI. Hal tersebut dibuktikan dengan sederet jabatan yang pernah diembannya selama berkarier di TNI.  

Sekilas Tentang Letnan Jenderal TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin

Gatot yang lahir di Tegal, Jawa Tengah, 13 Maret 1960 sebelum menjabat Panglima TNI merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat ke-30 yang mulai menjabat sejak tanggal 25 Juli 2014 setelah ditunjuk oleh Presiden SBY untuk menggantikan Jenderal TNI Budiman. Ia sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Pangkostrad menggantikan Letjen TNI Muhammad Munir. Pada Juni 2015, ia diajukan oleh Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI, menggantikan Jenderal Moeldoko yang tengah masuk waktu purna baktinya.

Jenderal TNI AD bintang 4 ini merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1982 yang berpengalaman di kecabangan infanteri baret hijau Kostrad. Gatot pernah menjadi Komandan Kodiklat TNI-AD, Pangdam V/Brawijaya dan Gubernur Akmil. Selain itu, Gatot juga adalah Ketua Umum PB FORKI periode 2014-2018.


Kekayaan Bill Gates Akhirnya Terlampaui, Ini Miliarder yang Jadi Orang Terkaya Itu

Tahukan anda bahwa Jenderal Gatot sebenarnya bercita-cita sebagai arsitek? ya, Gatot awalnya memang bercita-cita ingin menjadi arsitek, namun karena keterbatasan ekonomi keluarga, akhirnya Gatot memilih untuk mengabdi kepada bangsa dan negara dengan menjadi tentara.

Dalam salah satu kuliah umumnya, Gatot mengungkapkan bahwa nama Gatot diberikan oleh ayahnya karena ayahnya mengagumi Pahlawan Kemerdekaan RI Jenderal Gatot Subroto. Ayahnya berharap agar Gatot kecil tumbuh besar menjadi seorang ksataria negara seperti Jenderal Gatot Subroto.

Setelah menyelesaikan sekolah dasar dan menengah, Gatot Nurmantyo meneruskan ke sekolah militer. Pada tahun 1982, ia lulus Akademi Militer dan langsung mengabdi untuk bangsa dan negara. Ia memulai kariernya di pasukan infantri baret hijau Kostrad. Banyak tugas berat ia emban, mulai tugas penguasaan teritorial, pasukan, dan pendidikan di lingkungan Angkatan Darat.

DN Aidit dan Cerita Hidupnya

Penulis : Vicky Anggriawan