logo


600-900 Ribu Anak Jadi Korban Kejahatan Seksual

Jumlah populasi anak di Indonesia saat ini tercatat 87 juta, jika dibandingkan dengan angka yang disebutkan tersebut maka banyak anak-anak yang menjadi korban kekerasan

17 September 2017 18:18 WIB

Ilustrasi kekerasan pada anak.
Ilustrasi kekerasan pada anak. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) menyebutkan kekerasan seksual pada anak di bawah umur cukup memprihatinkan.

Minta Tolong Lihat SMS, Bocah 9 Tahun Diperkosa

"Kami sendiri melakukan survei kekerasan terhadap anak tahun 2013 bersama Kemensos, datanya memang menunjukkan angka kekerasan seksual terhadap anak perempuan itu sekitar 3,5 persen dan anak laki-laki sekitar 8 persen," kata Sekretaris Menteri PPA, Pri Budiarta Sitepu di Mapolda Metro Jaya, Minggu (17/9).

Jumlah populasi anak di Indonesia saat ini tercatat 87 juta, jika dibandingkan dengan angka yang disebutkan tersebut maka banyak anak-anak yang menjadi korban kekerasan.


PKS Ingin Pelaku Kejahatan Seksual Dihukum Mati

"Bapak ibu bisa bayangkan berapa anak, mungkin bisa 600-900 ribu," lanjutnya.

Kasus penyebaran video gay anak di sosial media merupakan fenomena gunung es, karena kekerasan terhadap anak tersebut jika terus ditutupi oleh keluarga dan lingkungan sosial.

"Jadi Polda Metro jaya telah mengungkap kasus ini, kemudian dia naik ke atas, itulah fenomena gunung es tersebut," katanya.

Budiarta mengimbau semua pihak untuk melakukan pencegahan agar anak-anak tidak menjadi korban kejahatan seksual. Kementerian PPA sudah menngencarkan penanganan melalui P2TP2A di berbagai wilayah di Indonesia.

"Untuk merehablitiasi fisiknya, psikisnya maupun merehabilitasi sosialnya agar si anak bisa kembali seperti sebelumnya," terangnya. 

Bahaya, Penjahat Seksual Terhadap Anak Kabur dari Rutan Salemba

Penulis : Aurora Denata
×
×