logo


Kapolri, KaBIN, Kapolda Sumut Bertemu Gubernur Papua, Begini Respon Lemkapi

Edi mengatakan, Kapolri dan Kepala BIN kerap mengadakan pertemuan dengan sejumlah kepala daerah atau gubernur guna membahas keamanan.

17 September 2017 18:00 WIB

Komnas HAM menyoroti beredarnya foto pertemuan tiga pejabat penting dengan Gubernur Papua Lukas Enembe yang beredar luas di media sosial. Ketiga pejabat tersebut adalah Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw, dan Gubernur Papua Lukas Enembe.
Komnas HAM menyoroti beredarnya foto pertemuan tiga pejabat penting dengan Gubernur Papua Lukas Enembe yang beredar luas di media sosial. Ketiga pejabat tersebut adalah Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw, dan Gubernur Papua Lukas Enembe. ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Edi Hasibuan, turut berkomentar soal foto pertemuan tiga pejabat penting dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang beredar luas di media sosial.

Australia Singgung Soal Papua dan PKI Selain Penghinaan Pancasila

Adapun, ketiga pejabat tersebut adalah Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Kapolda Sumatera Utara, Irjen Paulus Waterpauw.

Edi menilai, pertemuan tersebut juga merupakan bagian dari koordinasi keamanan wilayah antara Gubernur Papua, BIN dan Polri.


Masyarakat Pegiat Anti Korupsi Papua: Penjarakan 'Jenderal Koruptor' Tanah Papua!!

Adapun, kata dia, kehadiran Kapolda Sumut dalam pertemuan tersebut juga merupakan hal yang biasa saja karena ia merupakan putra asli Papua yang juga memiliki kepedulian tentang Papua, termasuk keamanan di Papua.

"Kehadiran Kapolda Sumut merupakan hal biasa saja. Apalagi, beliau juga merupakan tokoh masyarakat Papua. Begitu pula dengan kehadiran Jenderal Polisi Budi Gunawan selaku Kepala BIN dan Jenderal Polisi Tito Karnavian selaku Kapolri merupakan hal yang biasa saja. Tidak ada yang istimewa, " tutur Edi di Jakarta, Minggu, (17/9).

Mantan komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) itu menuturkan, koordinasi keamanan wilayah itu perlu dilakukan karena konflik antarsuku masih sering terjadi di Papua dan sejumlah kepala daerah terpilih belum dilantik.

"Hal itu tentu menjadi persoalan di wilayah Papua," ujar Edi.

Edi melanjutkan, Kapolri dan Kepala BIN kerap mengadakan pertemuan dengan sejumlah kepala daerah atau gubernur guna membahas keamanan.

Ia pun lantas meminta sejumlah pihak tidak menilai politis terkait pertemuan Kapolri, Kepala BIN, Kapolda Sumut dan Gubernur Papua tersebut. Edi menengarai adanya pihak-pihak yang sengaja membawa pertemuan itu ke ranah politik, terlebih ,enjelang Pemilihan Gubernur Papua 2018 nanti.

"Ada upaya pihak lain yang membawa-bawa masalah ini ke masalah politik. Kami ajak semua pihak tidak perlu membesar-besarkan kasus ini dan menjauhkannya dari urusan politik," tutupnya.

 

Komnas HAM Kritisi Foto Gubernur Papua yang Diapit Kepala BIN dan Kapolri

Penulis : Riana