logo


Ikut Serta Bersihkan Masjid, Jonan Tebarkan Pesan Toleransi Ini..

Kegiatan bersih-bersih rumah ibadah tersebut dilakukan di Masjid Jami'yyatul Iman, Jalan Menteng Pulo, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (17/9).

17 September 2017 17:00 WIB

Menteri ESDM, Ignasius Jonan, bersama Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah serta pemuda lintas agama melaksanakan kegiatan bersih-bersih rumah Masjid Jami\'yyatul Iman,di Jalan Menteng Pulo, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (17/9).\n
Menteri ESDM, Ignasius Jonan, bersama Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah serta pemuda lintas agama melaksanakan kegiatan bersih-bersih rumah Masjid Jami'yyatul Iman,di Jalan Menteng Pulo, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (17/9). Tim Komunikasi ESDM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri ESDM, Ignasius Jonan, bersama Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah serta pemuda lintas agama melaksanakan kegiatan bersih-bersih rumah ibadah.

11 PPA Diteken, Jonan: Harga Listrik Akan Kompetitif dan Affordable

Kegiatan bersih-bersih rumah ibadah tersebut dilakukan di Masjid Jami'yyatul Iman, Jalan Menteng Pulo, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (17/9).

Saat itu, Jonan dibonceng oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, dengan menggunakan Vespa. Setibanya di depan masjid pukul 10.05 WIB, Jonan sempat menjajal mengendarai langsung Vespa PX Piaggio Tahun 1979 itu.


Jonan Bangga, 10 Bulan Menjabat Berhasil Wujudkan 700 MW Energi Terbarukan

Setelah itu, Jonan dan rombongan pun langsung masuk ke dalam masjid. Mereka membersihkan toilet dan tempat wudhu dilanjutkan dengan membersihkan bagian dalam masjid. Setelah bersih-bersih masjid selesai, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon di lapangan yang ada di dekat masjid.

Usai bersih-bersih Masjid, Jonan pun langsung mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengatakan, kegiatan ini bisa menimbulkan semangat gotong royong antar sesama untuk menghapus sekat-sekat pemisah yang ada dalam masyarakat.

"Acara bersih-bersih rumah ibadah ini merupakan bukti keberagaman masyarakat Indonesia. Semangat gotong-royong yang dimiliki bangsa Indonesia juga penting dan juga menghapus atau mengurangi sekurang-kurangnya sekat-sekat karena agama, karena suku, ini kerja sama-sama membersihkan rumah ibadah dan saya juga sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi pemuda Muhammadiyah ini," tutur Jonan di Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (17/9).

Tak hanya membersihkan masjid, namun agenda rutin lainnya seperti membersihkan gereja hingga vihara bisa menimbulkan rasa persatuan yang ada.

"Ada yang pemuda Katolik, Kristen, Buddha, Hindu. Sama-sama membersihkan rumah ibadah seperti lain juga vihara, gereja. Ini semangat gotong royong, semangat masyarakat dan persatuan bangsa terutama di generasi muda," tukasnya.

Lebih jauh, Jonan berharap agar tidak ada lagi pertentangan yang ada khususnya yang mempermasalahkan soal perbedaan baik suku dan agama. Menurutnya, hal tersebut sudah menjadi kesepakatan bersama sejak Indonesia merdeka.

"Begini loh, ini kan keberagaman bagian dari bangsa ini sejak kita sepakat untuk merdeka bersama. Dari Sabang sampai Merauke wong sukunya beda kok, banyak. Itu kan tidak perlu dipertentangkan. Jadi enggak usah didebatkan agamananya apa, sukunya apa dan lain hal. Saya kira enggak apa. Itu kan masing-masing pribadi," tutupnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjutak, mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan oleh PP Pemuda Muhammdiyah.

"Ini merupakan kegiatan rutin bulanan Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah bersama teman-teman pemeluk agama lain," tukas Dahnil.

Menurut Dahnil, kegiatan ini dapat menjalin keakraban dan persaudaraan antar-umat beragama. Pasalnya, bersih-bersih tidak hanya dilakukan di rumah ibadah umat muslim, melainkan juga tempat ibadah non-muslim.

 

Sempat Menolak, Jonan Akhirnya Izinkan Belanda Bangun Pembangkit Arus Laut di NTT

Penulis : Riana
×
×