logo


Film yang Recommended untuk Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris bisa dibilang susah-susah gampang

13 September 2017 13:16 WIB

Sumber: shutterstock
Sumber: shutterstock
dibaca 272 x

Belajar nggak harus textbook-oriented alias manyun terus mandangin buku. Salah-salah kita bisa bosan dan jenuh. Ujung-ujungnya semangat belajar jadi turun drastis.

Makanan yang Bikin Kita Awet Muda, Ada Juga yang Bikin Cepat Tua

Belajar bahasa Inggris misalnya, bisa dibilang susah-susah gampang. Sebagian orang merasa kalau sudah bisa lancar ngomong English (disingkat aja ya nyebutnya biar lebih praktis), meski secara grammatical nggak bener-bener banget, yaudah. Fine. Akan tetapi, sebagian lagi merasa kebenaran grammatical tetap harus tetap dijaga. Entah Anda cenderung memilih orientasi yang mana.

Logisnya sih, kalau grammatical udah oke, seseorang akan mudah saja berkomunikasi secara lisan.


Fokus Pernikahan, Song Joong Ki Tolak Semua Job?

Nah, kembali ke soal belajar English nih. Sebenarnya belajar English itu menyenangkan karena bisa dilakukan lewat media-media macam lagu dan film. Mapel lain juga bisa, tapi kayaknya nggak seasyik English, kalau urusannya lagu dan film. 

Film-film apa sih yang recommended untuk belajar English? Oke sebagai lulusan SasIngg, ini rekomendasi dari saya. Silakan boleh diikuti atau nggak. Sekali lagi, opini orang bersifat subjektif kan?

Oya, perhatikan untuk selalu berusaha melepas subtitle. Kalau masih belum pede ya pakai subtitle nggak masalah, tapi yang English ya. 

The King's Speech

Cocok banget secara plotnya adalah seorang raja yang sedang belajar berbicara di hadapan publik. Highlight-nya adalah kita bisa belajar pronunciation, supaya tahu persis bagaimana sebuah ujaran disampaikan dengan benar. Kita bisa juga loh ikutan 'les privat' sang raja, meski cuma lewat layar tv atau laptop. Tentunya semakin menyenangkan lantaran film ini merupakan film Inggris, dengan bintang sekaliber Colin Firth dan Helena Bonham Carter. Kalau aktor dan aktrisnya kece dan veteran begini tentunya layak masuk ke watching list nih. Film ini cocok untuk yang sedang belajar English dengan level intermediate. Kalau yang masih beginner agaknya masih kasihan kalau harus nonton tanpa subtitle.

Harry Potter

Nah siapa yang nggak kenal dengan 'the boy who lived'? Karya JK Rowling yang juga merupakan film Inggris ini bisa dibilang cocok banget buat dijadikan bahan belajar yang super mudah, bahkan sekelas beginner sekali pun. Meski aktor dan aktrisnya juga memiliki aksen, namun masih bisa lah dipahami buat para pemula yang English-nya masih belepotan.

Notting Hill

Perpaduan Hugh Grant dan Julia Roberts akan membuat kita mengenal bagaimana orang Inggris dan Amerika berinteraksi. Tentunya dengan cerita yang romantis, menambah poin plus untuk film ini. Kita bisa membandingkan secara langsung pula bagaimana aksen Inggris dan Amerika digunakan dan saling bersinergi melalui dialog aktor dan aktris papan atas dunia tersebut.

Grease 

Film musikal ini enak banget pokoknya buat dinikmati dan dijadikan bahan untuk improve skill English kita. Meski agak jadul. Percakapannya mudah dipahami dan lagu-lagunya juga enak. Terlebih lagi, aksen Amerika lebih mudah ditangkap telinga ketimbang aksen Inggris. 

Billy Eliot

Ini untuk level intermediate dan advance aja sih kayaknya karena aksennya strong banget. Selain aksen, banyak penggunaan English slang juga. Slang itu sejenis bahasa nggak baku dan informal. Simpelnya, sebut saja bahasa gaul. Untuk level beginner, mungkin ini belum saatnya.

Ditulis oleh: Henny Untari

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

AWAS, Tilang Via CCTV Sudah Mulai Diterapkan Lho!

Admin : Aurora Denata
×
×