logo


Tips Liburan Seru ke Jogja Bagi Para Kutu Buku

Jogja menawarkan banyak hal yang berkaitan dengan buku. Inilah 5 tips liburan seru ke Jogja bagi para pencinta buku.

13 September 2017 09:38 WIB

Cafe Buku di Jogja
Cafe Buku di Jogja okydanbuku.com

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM - Apa jenis wisata yang ingin Anda jalani? Wisata alam, wisata sejarah, atau wisata kuliner? Jogja dapat memuaskan semua ragam wisata tersebut. Lantas, bagaimana dengan turis yang juga penggila buku? Dapatkah Jogja memenuhi hasrat mereka terhadap buku? Tentu saja ada! Sebagai kota pelajar, Jogja menawarkan banyak hal yang berkaitan dengan buku. Inilah 5 tips liburan seru ke Jogja bagi para pencinta buku.

4 Tempat Wisata Paling Romantis di Semarang

1. Mengunjungi Berbagai Perpustakaan

Dengan mengunjungi perpustakaan, Anda bisa membuka wawasan tentang bagaimana buku-buku dikelola, bagaimana perpustakaan diberdayakan agar dapat menarik dan mewadahi kebutuhan masyarakat, serta berbagai inovasi dunia buku yang sebelumnya mungkin belum pernah Anda pikirkan. Di Jogja alias Yogyakarta, Anda bisa mengunjungi Perpustakaan Grahatama Pustaka, Jogja Library Center, Perpustakaan Kota Yogyakarta, ataupun Perpustakaan Indonesia Baru.


4 Rekomendasi Objek Wisata Keluarga di Medan

2. Sowan ke Klub-Klub Buku

Banyak pencinta buku yang akhirnya membuat komunitas atau klub-klub buku. Klub-klub tersebut dibentuk dengan dasar kesamaan tujuan, kesamaan daerah, kesamaan jenis buku kesukaan, atau yang lainnya. Tidak terkecuali di Yogyakarta, terdapat pula komunitas-komunitas buku yang bisa Anda temukan. Salah satunya, ketika Anda melewati Tugu Yogyakarta di hari Sabtu malam ataupun hari Minggu, sowan-lah (berkunjunglah) ke perpustakaan jalanan yang dibuka oleh Komunitas Pecandu Buku Yogyakarta. Dengan ngobrol-ngobrol asyik bersama sesama pencinta dan penggiat buku, gairah Anda di dunia perbukuan pun akan semakin menggelora kan?

3. Main ke Studio Radio Buku

Di era internet seperti sekarang, radio tetap memiliki tempat di hati para pendengarnya. Pencinta musik mendengarkan radio-radio pemutar musik, para penuntut ilmu agama mendengarkan radio-radio dakwah, dan pengamat perkembangan negara dan dunia mendengarkan radio-radio berita. Demikian pula, para pencinta buku bisa mendengarkan radio khusus tentang buku. 

Di Jogja, terdapat stasiun radio buku juga lo! Stasiun radio tersebut bernama Radio Buku. Mengapa tidak mencoba untuk mampir? Di sana, Anda bisa bertemu dengan praktisi buku di bidang media. Jika beruntung, Anda pun dapat menjumpai narasumber yang hendak mengisi acara di stasiun radio tersebut dan memperoleh banyak pandangan tentang dunia buku.

4. Makan di Kafe Buku, Dong!

Bukan hanya jalan-jalan ke berbagai tempat buku, kutu buku pun makan sambil baca buku dong! Di Jogja, banyak bertebaran tempat makan yang menyediakan aneka buku untuk dibaca oleh para pengunjungnya. Untuk Anda yang suka ngopi, mampirlah ke Dongeng Kopi & Indiebook di Jalan Wahid Hasyim, Depok, Sleman. Baca buku sambil minum kopi sesuai selera, nikmat!

Coba juga kedai kopi Roti Papi di Jalan Gejayan, Gang Bougenville nomor 1, untuk mencicipi aneka masakan Italia, Belanda, dan Asia. Selain bisa makan dan baca buku, Anda juga bisa ngobrol dengan bule asal Belanda, pemilik kafe ini. Jangan mengkhawatirkan kendala bahasa, dia sudah lancar berbahasa Indonesia dan Jawa kok! Mampirlah juga ke Luk Coffee and Books di Jalan Tantular (Pringwulung), Blanco Coffee and Books di Jalan Kranggan nomor 30, dan juga Lir Shop di Jalan Anggrek 1/33 Baciro. 

5. Berburu Buku Murah dan Berkualitas

Wisata buku tidaklah komplet rasanya tanpa membeli buku. Untuk itu, Anda bisa menyambangi Shopping Center yang terletak di dekat Taman Pintar Yogyakarta. Di sini, Anda bisa menemukan aneka buku kuno, langka, atau buku apa saja dengan harga murah. Bukan hanya buku, Anda juga bisa menemukan berbagai data kuno di sini, seperti buku tua, koran, atau majalah. 

Selanjutnya, untuk keperluan akomodasi, Anda bisa memesan hotel di Jogja melalui Airy Rooms. Meskipun murah, hotel-hotel Airy Rooms memiliki fasilitas yang terjamin. Anda akan memperoleh layanan tempat tidur yang bersih, air minum gratis, perlengkapan mandi, pancuran air hangat, wi-fi gratis, TV layar datar, dan juga AC. Pembayarannya pun bisa menggunakan kartu kredit, tranfer bank, ataupun via gerai-gerai Indomaret di Indonesia.

Gampang kan? Yuk, pesan hotel Airy Rooms melalui situs resmi Airy Rooms atau aplikasi Airy Rooms di Android/iOS!

5 Tips Berwisata ke Kota Malang Saat Liburan

Penulis : Vicky Anggriawan
×
×