logo


Masinton Tanyakan Aset Nazaruddin yang Disita KPK

Menanggapi penjelasan KPK mengenai aset koruptor yang disita, Masinton menyinggung jumlah aset barang sitaan Nazaruddin

12 September 2017 00:45 WIB

Masinton Pasaribu.
Masinton Pasaribu. Dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP, Masinton Pasaribu menanyakan soal barang sitaan mantan Bendum Partai Demokrat, M Nazaruddin kepada KPK.

Pimpinan KPK Tanggapi Usul Penuntutan Harus Izin Kejagung

"Karena kemarin penjelasan ketika kami memanggil saudari Yulianis, ada beberapa aset yang direktur keuangan Permai pada saat itu membeli tapi kemudian duajukan gugatan dan kemudian sudah disita dikalahkan pengadilan. KPK tidak kelihatan agresif untuk melakukan menjaga aset itu supaya tidak dikalahkan. Ini butuh penjelasan pimpinan, KPK nyantai saja menjelaskan," kata Masinton di gedung DPR, Senin (11/9).

Menanggapi penjelasan KPK mengenai aset koruptor yang disita, Masinton menyinggung jumlah aset barang sitaan Nazaruddin.


Komisi III DPR Tanyakan Soal Barang Sitaan KPK

"Ada sitaan sejumlah Rp 550 miliar, sangat besar. Ada tanah di Bekasi, ada rumah di Pejaten, ada ruko di Riau, ada rekening ratusan juta rupiah. namun, saat rapat Rupbasan, Dirjen PAS Jabodetabek, dari Rp 550 miliar adanya cuma satu unit Vellfire yang terdaftar," katanya.

Masinton meminta KPK menjelaskan mengenai barang sitaan, termasuk soal aset milik Nazaruddin.

"Kami minta KPK sampaikan transparan, aset itu di bawah siapa, pengawasan siapa agar kita semua tahu esensi dari pemberantasan korupsi kembalikan kerugian negara. Fungsi rupbasan kontrol untuk penyidik, penuntutan, dan pengadilan. Rp 550 miliar aset Nazaruddin mohon dijelaskan. lalu aset yang sempat disita apa saja," tutur Masinton.

Sebelumnya, saat hadir di Pansus Angket KPK, Yulianis menyebut aset Nazaruddin sebanyak Rp 550 miliar tidak semuanya disita oleh KPK. Yulianis menyebut beberapa aset Nazaruddin diubah kepemilikannya agar tidak disita.

Pimpinan KPK Tanggapi DPR yang Persoalkan OTT

Penulis : Aurora Denata
×
×