logo


Prestasi Titah Banu Arum Mumpuni, Meraih Predikat Duta Bahasa 2017

Titah membocorkan rahasia suksesnya dalam ajang Duta Bahasa ini.

21 Agustus 2017 14:15 WIB

Duta Bahasa 2017
Duta Bahasa 2017
dibaca 38 x

"Tanpa mempelajari bahasa sendiri pun orang takkan mengenal bangsanya sendiri." – Pramoedya Ananta Toer.

Kalimat Bahasa Inggris Amburadul yang Bikin Ngakak dan Tepuk Jidat

Mungkin kalimat di atas tadi cukup menggambarkan sebuah prestasi yang diraih oleh salah satu generasi muda penerus bangsa, Titah Banu Arum Mumpuni.

Perempuan kelahiran 14 Januari 1997 ini membuat sebuah prestasi yang mengharumkan bangsa sebagai Duta Bahasa 2017. Mencoba peruntungannya dalam bidang berbahasa, ia mulai mengukur kemampuannya dalam berkomunikasi di depan umum karena menurutnya belajar berbahasa yang baik dapat menyatukan banyak orang ke hal yang lebih positif.


Pondok Modern Gontor dan Homogenisasi Pendidikan

Titah terus belajar berkomunikasi dengan baik, mulai dari berbahasa Indonesia, bahasa asing, hingga berbahasa daerah asalnya yaitu Bahasa Jawa. Titah membocorkan rahasia suksesnya dalam ajang Duta Bahasa ini.

"Sebenarnya yang paling penting adalah membuat ide yang unik dan baru untuk menjunjung tinggi nama Indonesia di mata dunia. Kalau bukan kita yang melestarikan Bahasa daerah asli Indonesia lalu siapa lagi?" jelasnya.

Di era modern seperti sekarang ini kebanyakan anak muda lebih antusias untuk belajar bahasa asing di banding dengan bahasa asli Indonesia namun lain lagi dengan Titah yang berpikir untuk lebih jago untuk berbahasa.

"Jago bahasa asing itu perlu, itu baik untuk mengikuti zaman yang sekarang semakin maju. Tapi, kita tidak boleh lupa akan identitas diri, identitas bangsa kita yaitu Indonesia, bahasa kita juga bahasa Indonesia. Saya dan teman-teman Duta Bahasa yang lain bertugas untuk ikut membenahi generasi muda untuk lebih baik dan benar dalam berbahasa terutama Bahasa Indonesia," ujarnya.

Saat ini Titah sedang sibuk untuk menyelesaikan kuliahnya di Universitas PGRI di jurusan Bahasa Jawa. Anak sulung dari dua bersaudara ini memang sekarang tengah fokus untuk terus menyosialisasikan predikatnya ini.

Saat ditanya apa yang ia inginkan selanjutnya setelah ini jawabannya hanya sederhana. "Saya ingin membawa nama baik Jawa Tengah di ajang Duta Bahasa Nasional bulan Agustus 2017 ini."

Melihat kegigihan Titah untuk terus melestarikan bahasa daerahnya memang harus diacungi jempol. Sangat jarang anak muda sekarang peduli dengan bahasa asli dari daerah asal mereka, lalu apakah kamu salah satu yang juga fasih berkomunikasi dengan bahasa asli daerah kamu?

Ditulis oleh: Okii Witjaksono

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

UKBI Sudah Jadi Komitmen Kongres Bahasa Indonesia V

Admin : Nugrahenny Putri Untari