logo


Yuk Intip Keseruan Lomba di HUT RI

Semua warga negara Indonesia ramai-ramai merayakan hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus

14 Agustus 2017 19:30 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bulan Agustus identik dengan kemerdekaan Indonesia. Semua warga negara Indonesia ramai-ramai merayakan hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus.

Panjat Pinang Indonesia di Usia 72 Tahun

Sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya pada perayaan HUT RI, warga Indonesia akan merayakannya dengan suka cita. Selain memasang bendera merah-putih dan umbul-umbul di rumahnya masing-masing, warga di tiap daerah akan mengadakan kegiatan yang menarik.

Sudah jelas kegiatan yang paling ditunggu pada bulan Agustus adalah perlombaan antar warga. Peserta lomba juga nantinya akan dibagi beberapa kategori dari anak-anak, remaja, bahkan dewasa.


Kumpulan Fakta Tentang Kemerdekaan Indonesia

Ada beberapa perlombaan yang biasa diadakan pada saat perayaan HUT RI, di antaranya adalah:

Lomba memindahkan karet gelang dengan sedotan

Dari namanya pasti sudah bisa menebak seperti apa kan permainannya. Peserta masing-masing akan menggigit sedotan plastik dan kemudian memindahkan karet gelang yang diletakkan di sedotan ke teman satu timnya hingga finish.

Lomba panjat pinang

Lomba yang satu ini terbilang cukup sulit. Karena setiap pinang (pohon jambe) yang digunakan sudah dilumuri dengan oli atau minyak goreng, tujuannya membuat pinang menjadi licin. Apalagi pinang yang dipanjat juga cukup tinggi. Lomba ini sangat diperlukan kekompakan dalam tim agar berhasil mendapatkan hadiah yang digantung di atas pinang.

Lomba sepakbola menggunakan daster

Bermain sepak bola dengan pakaian biasa saja sudah terbilang sulit untuk mencetak gol, apalagi menggunakan daster. Para peserta akan kesulitan saat berlari bahkan mencetak gol, tidak hanya itu pertandingan ini akan menjadi hiburan juga bagi para penonton karena melihat lucunya para laki-laki yang menggunakan daster di lapangan bola.

Lomba make up dengan mata tertutup

Peserta lomba akan ditutup matanya dengan kain lalu kemudian merias orang lain, biasanya yang dipilih menjadi sasaran rias adalah laki-laki. Alhasil si peserta yang ditutup matanya akan meriasnya menjadi tidak jelas, alias belepotan. Lomba ini benar-benar mengundang gelak tawa.

Lomba lari menggendong istri

Nah, kalau yang ini lomba untuk para orangtua. Nanti si suami bertugas menggendong istrinya dan berlari menuju garis finish. Berlomba dengan peserta lain, dan pemenangnya adalah dia yang cepat sampai garis finish. Inget, istrinya jangan sampai jatuh.

Lomba makan kerupuk

Ini nih favoritnya, perlombaan yang bikin kenyang perut. Lomba wajib yang diadakan tiap perayaan HUT RI. Tapi jangan ikutan lomba sambil bawa nasi ya, jangan aji mumpung.

Lomba lari kelereng

Peserta lomba akan diberikan satu butir kelereng dan sendok. Kelereng nantinya diletakkan di sendok, kemudian sendok yang berisi kelereng tersebut digigit. Peserta kemudian disuruh berjalan atau berlari dari garis start sampai finish. Selama berjalan peserta dilarang menjatuhkan kelereng tersebut. Nah susah-susah gampang nih, karena harus menjaga keseimbangan agar kelereng tidak bergerak dan jatuh.

Lomba karung penguin

Kalau biasanya lomba balap karung dengan karung yang hanya setengah badan, dan peserta harus melompat-lompat hingga garis finish. Kalau balap karung penguin ini beda, badan peserta akan dibungkus dengan karung. Selain itu, peserta juga menggunakan helm untuk keamanan jika nanti terjatuh. Sambil berjongkok, peserta harus berjalan atau melompat hingga garis finish.

Sebenarnya masih banyak lagi lomba yang diadakan saat perayaan HUT RI, seperti karaoke, melukis, memasak, memasukan belut ke dalam botol, dan lain-lain. Apapun kegiatannya yang penting adalah kebersamaan dan tetap rukun untuk menjaga persatuan Indonesia.  

Pidato Lengkap Soekarno Saat Proklamasi

Penulis : Aurora Denata
×
×