logo


Gmail Siapkan Penangkal Phishing Bagi Pengguna iOS

Gmail merupakan salah satu layanan email yang banyak digunakan saat ini. Layanan e-mail buatan Google ini mendukung hampir setiap platform yang ada, baik pada desktop maupun mobile.

14 Agustus 2017 10:00 WIB

Tampilan Gmail pada iOS
Tampilan Gmail pada iOS Google Blog

JITUNEWS.COM - Gmail merupakan salah satu layanan email yang banyak digunakan saat ini. Layanan e-mail buatan Google ini mendukung hampir setiap platform yang ada, baik pada desktop maupun mobile.

Beberapa Perangkat Apple di Indonesia Terkena Lost Mode

Bagi para pengguna Gmail pada iOS ada sebuah fitur terbaru dari Gmail yang akan memberikan peringatan apabila kita menerima e-mail phishing.

E-mail phishing sendiri merupakan sebuah email yang berisi link palsu yang bertujuan untuk menipu sang pemilik e-mail untuk memberikan informasi berharga mereka.


Laporan Jumlah Pengguna Meningkat, Tetapi Snapchat Masih Merugi

Google mengatakan, "Ke depan, bila Anda mengklik tautan mencurigakan di pesan Gmail di iPhone atau iPad Anda, kami akan menunjukkan peringatan. Sebaiknya Anda berhati-hati sebelum melanjutkan, karena tautan kemungkinan tidak aman. Lanjutkan saja jika Anda yakin tidak ada risiko. "

Fitur ini memang tidak sepenuhnya benar saat memberikan peringatan bahwa ada e-mail yang mencurigakan. Jika sebelumnya telah mengunjungi situ yang dimaksud dan sudah mengenalnya, pengguna dapat memilih untuk terus melanjutkan membuka link yang dianggap sebagai link phishing oleh Google tersebut. Namun, jika situs tersebut belum pernah pengguna kunjungi sebelumnya, sebaiknya anda berhati-hati sebelum ada mengunjunginya.

Fitur ini sebelumnya sudah dikeluarkan untuk platform Android, dan baru diberlakukan bagi pengguna iOS.

Google Doodle Peringati Ulang Tahun Hip Hop

Penulis : Satria Budi