logo


Adhyaksa Dault Pimpin Ritual Sakral Malam Pramuka

Dengan lantunan lagu kebangsaan dan himne Pramuka memecah keheningan malam yang gelap, suasana upacara menjadi semakin khidmat.

14 Agustus 2017 09:45 WIB

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, memimpin Upacara Ulang Janji di Gedung Cut Nyak Din, Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (13/8).
Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, memimpin Upacara Ulang Janji di Gedung Cut Nyak Din, Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (13/8). Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, memimpin Upacara Ulang Janji di Gedung Cut Nyak Din, Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (13/8).

Heboh Foto Pramuka Makan Beralas Tanah, Ini Respon Adhyaksa Dault

Dengan lantunan lagu kebangsaan dan himne Pramuka yang memecah keheningan malam yang gelap, suasana upacara menjadi semakin khidmat. Dalam paparannya, Adhyaksa mengajak segenap peserta untuk mengingat kembali Dasa Dharma dan Tri Satya. Seorang Pramuka harus selalu mengamalkan kebaikan di segala aspek kehidupan.

"Ulang janji ini adalah ritual sakral dalam Gerakan Pramuka yang diadakan setiap tahun di malam tanggal 13 Agustus. Pesannya kita mengajak kembali untuk merenung, bahwa setiap Pramuka punya janji setia, janji untuk selalu mengamalkan Dasa Dharma dan Tri Satya," ujarnya, dikutip dari laman resmi Kwarnas, Senin (14/8).


Sempat Bekukan Anggaran Pramuka, Kini Urusan Menpora dengan Adhyaksa Dault Tuntas

Selain itu, Adhyaksa juga berpesan kepada seluruh peserta untuk merenung dan mengingat kembali jasa-jasa para pahlawan serta para pendiri Pramuka. Ia pun berharap anak-anak Pramuka yang menjunjung tinggi falsafah dan kepanduan, dapat turut serta menjaga serta mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia. 

"Selama jantung anak Pramuka masih berdetak, maka selama itu Indonesia tidak akan retak," ujarnya lagi.

Sebelum acara dimulai, para peserta upacara membasuh tangannya menggunakan air kembang. Ritual ini memiliki pesan bahwa sebelum Ulang Janji semua peserta harus berada dalam kondisi suci, bersih lahir batin, agar pesan Ulang Janji bisa diamalkan dengan baik.

Upacara tersebut juga dihadiri para Wakil Ketua Kwarnas, Andalan Nasional Kwarnas, Pimpinan Kwarda seluruh Indonesia, Pimpinan Saka, Pembina pendamping Raimuna Nasional XI, dan seluruh staf Kwarnas Gerakan Pramuka.

Jelang 14 Agustus, Akun Instagram Kwarnas Pramuka Sempat Diretas

Penulis : Nugrahenny Putri Untari