logo


Pidato Lengkap Soekarno Saat Proklamasi

Proklamasi dibacakan oleh Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat

13 Agustus 2017 17:30 WIB

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Jumat, 17 Agustus 1945 M atau 17 Ramadan 1365 H) dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs. Muhammad Hatta.
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Jumat, 17 Agustus 1945 M atau 17 Ramadan 1365 H) dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs. Muhammad Hatta. wikipedia.org

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari yang bersejarah untuk Indonesia, pasalnya pada tanggal tersebut Ir. Soekarno dan Moh. Hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia. Proklamasi dibacakan oleh Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Kumpulan Fakta Tentang Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi pada waktu itu dilaksanakan pada hari Jumat yang merupakan hari ke-8 saat Ramadhan. Upacara Proklamasi juga diadakan secara sederhana, tanpa protokol, tidak ada korps musik, tidak ada konduktor, dan tidak ada pancaragam.

Tiang bendera yang digunakan terbuat dari batang bambu yang ditanaman beberapa menit menjelang upacara. Bahkan kabarnya katrol pada tiang bendera dibuat dari gelas bekas sahur Moh. Hatta. 


Pancasila Sudah Final, Sekarang Saatnya Implementasi

Pembacaan Proklamasi oleh Ir. Soekarno kemudian disiarkan lewat radio. Pada saat pembacaan Proklamasi, momen tersebut didokumentasikan oleh Mendoer bersaudara yang merupakan seorang fotografer. Alexius Imprung Mendoer adalah kepala bagian fotografi di kantor berita Jepang Domei, sedangkan Frans Sumarto Mendoer adalah fotografernya.

Sebelum membacakan naskah Proklamasi, Soekarno terlebih dahulu memberikan pidato. Berikut adalah pidato lengkap dari Soekarno.

Saudara-saudara sekalian.

Saya telah meminta Anda untuk hadir di sini untuk menyaksikan peristiwa dalam sejarah kami yang paling penting. Selama beberapa dekade kita, Rakyat Indonesia, telah berjuang untuk kebebasan negara kita, bahkan selama ratusan tahun.

Ada gelombang dalam tindakan kita untuk memenangkan kemerdekaan yang naik, dan ada yang jatuh, namun semangat kami masih ditetapkan dalam arah cita-cita kami.

Juga selama zaman Jepang usaha kita untuk mencapai kemerdekaan nasional tidak pernah berhenti. Pada Zaman Jepang itu hanya muncul bahwa kita membungkuk pada mereka. Tetapi pada dasarnya, kita masih terus membangun kekuatan kita sendiri, kita masih percaya pada kekuatan kita sendiri.

Kini telah hadir saat ketika benar-benar kita mengambil nasib tindakan kita dan nasib negara kita ke tangan kita sendiri. Hanya suatu bangsa cukup berani untuk mengambil nasib ke dalam tangannya sendiri akan dapat berdiri dalam kekuatan.

Oleh karena semalam kami telah musyawarah dengan tokoh-tokoh Indonesia dari seluruh Indonesia. Bahwa pengumpulan deliberatif dengan suara bulat berpendapat bahwa sekarang telah datang waktu untuk mendeklarasikan kemerdekaan.

Saudara-saudara.

Bersama ini kami menyatakan solidaritas penentuan itu.

Dengarkan Proklamasi kami:

PROKLAMASI

Kami Bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain.

Diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya

Djakarta, 17 Agusus 1945

Atas nama Bangsa Indonesia

Soekarno-Hatta.

 

Yusril Tegur Kadernya di Papua yang Tak Mau Kibarkan Bendera

Penulis : Aurora Denata